Home NASIONAL Menristekdikti : Lulusan Pendidikan Vokasi harus Bersertifikat

Menristekdikti : Lulusan Pendidikan Vokasi harus Bersertifikat

217
0
Foto : Pendidikan Vokasi atau Politeknik Maritim.

Jakarta, Mediatransparancy.com – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan untuk meningkatkan pendidikan vokasi yang di antaranya adalah pendidikan yang menyangkut kemaritiman. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan sepuluh politeknik untuk membentuk sumber daya manusia yang siap pakai.

“Pada tahun ini kami sudah menyiapkan sepuluh pendidikan vokasi atau politeknik yang akan kami siapkan untuk bisa penyiapan sumber daya yang siap pakai yaitu di bidang kemaritiman, di bidang material, di bidang elektronik, bidang pembuatan kapal, bidang pangan maupun manufaktur,” terangnya Senin(20/6/2016).

Nasir juga menyebut bahwa seluruh lulusan dari pendidikan vokasi tersebut harus bersertifikat melalui lembaga sertifikasi profesi agar dapat terserap ke dalam dunia kerja. Hal yang sama juga berlaku untuk lulusan Polimarin.

“Nanti Polimarin juga lulusannya harus bersertifikat. Tadi sudah disampaikan bahwa sertifikat yang dikeluarkan dari International Maritime Organisation. Di bidang-bidang yang lain itu juga harus disertifikasi oleh lembaga sertifikasi profesi di bawah Badan Standarisasi Nasional Provinsi,” tutupnya.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here