Home DAERAH Menteri Perdagangan Dukung Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung

Menteri Perdagangan Dukung Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung

224
0

Jambi, Transparancy.com – Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi menyatakan akan mendukung dan membantu pemerintah Provinsi Jambi untuk membangun pelabuhan Ujung Jabung. Pernyataan ini disampaikannya saat bertemu dengan pengusaha pulp dan paper, Rabu (16/7) bertempat di auditorium rumah dinas Gubernur. Pada kesempatan ini turut hadir mendampingi Menteri Perdagangan Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM dan para pengusaha pulp dan paper diantaranya dari PT. Sinar Mas, Asosiasi Pulp dan Paper.

Pertemuan Menteri Perdagangan ini dilaksanakan usai meninjau pasar Angso Duo, dan menghadiri pembukaan pasar murah di lapangan Buluran. Pertemuan dengan pengusaha ini diharapkan akan mendengar dan berbicara langsung dengan para
pengusaha yang menjadi denyut nadi perekonomian, dimana ketika ada ide atau masukan akan memperbaiki dan mengetahui sejauh mana kendala di lapangan terhadap industri kertas di Indonesia.

Disampaikan Menteri usai pertemuan bahwa Jambi adalah Provinsi yang kaya dan harus ada industrialisasi untuk meningkatkan ekonomi di Provinsi Jambi dan untuk itu dibutuhkan pelabuhan untuk mengirinkan barang tersebut. “Dan begitu ada industrialisasi dari bahan komoditas harus ada outputnya agar barang tersebut bisa keluar, dan ekonomi Jambi akan bisa lebih sejahtera, untuk itu saya harus membantu Bapak Gubernur agar pelabuhan ini bisa terealisasi” ujar Menteri Perdagangan.

Menteri juga menanggapi persoalan turunnya harga karet yang dinilainya bukan hanya permasalahan di Provinsi Jambi tetapi juga menjadi permasalahan di dunia saat ini.”Harga karet ini bukan hanya menjadi masalah nasional tetapi dunia,kita punya teman-teman penghasil karet dari Thailand dan Malaysia, Thailand seperti kita ketahui tidak teroganisir dengan baik negaranya karena junto militer , sehingga barang-barang dari Thailand ini merusak mendistorsi daripada harga- harga lain, seperti beras,ini juga terjadi pada gula ada sesuatu yang luar biasa terjadi. Tetapi jika berbicara soal karet maka industri karet tidak akan jalan jika tidak ada listrik, untuk itu saya juga akan membantu Gubernur untuk penyediaan listrik”ujarnya.

Menteri juga memberikan apresisasi kepada Gubernur Jambi yang berdasarkan tinjauan langsung di lapangan sampai saat ini harga barang masih berada pada tingkat wajar dan normal. “Saya memberikan penghargaan kepada Gubernur dimana setelah peninjauan tadi terlihat stok cukup, dan ditribusi sangat bauk dengan harga barang yang terkendali, dan jika ada barang dari luar Provinsi Jambi masuk itu adalah hal yang wajar, dimana jika pasokan cabe dari Jawa banyak lalu dikirim ke Jambi, karena jika Jambi sendiri kelebihan stok barang apa tidak boleh dikirim keluar daerahnya, dan perlakuan ini sama dengan yang lain dan yang pasti tidak ada impor dari luar negeri”jelasnya.

Menteri mengharapkan pada saat hari Idul Fitri nanti akan tersedia cukup barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Harga barang pokok terjaga dengan baik dan beras dalam produksi panen, gula juga melimpah, sapi tiga kali lebih besar dari tahun lalu, dan harganya mestinya menurun dan harga seperti cabe dan juga bawang merah trendnya menurun dan mestinya nanti ketika biasanya pada minggu keempat ada kenaikan karena banyaknya permintaandan harganya naik 5-10 persen ketika bulan puasa dan hari raya Idul Fitri adalah hal yang normal
supaya petani kita juga mendapatkanTHR”ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Jambi dalam eksposenya menyatakan bahwa Pelabuhan Ujung Jabung merupakan hal terpenting dalam peningkatan daya saing Provinsi Jambi. Disampaikan Gubernur bahwa pemerintah Provinsi berupaya untuk mewujudkan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung Timur di Kabupaten Tanjabtim Provinsi Jambi. Ujung Jabung yang nantinya merupakan sarana penunjang transportasi segitiga emas perekonomian Indonesia (Singapura-Malaysia-Jambi-Indonesia).

Disampaikan Gubernur bahwa pemerintah daerah telah menyiapkan 4200 Ha lahan untuk pelabuhan dan akses menuju pelabuhan sudah diperpendek dengan membangun sejumlah jembatan. Kajian BPPT, Pelabuhan Samudera/Ujung Jabung merupakan pelabuhan dengan wilayah terbaik di Sumatera dilihat dari arus, kedalaman laut serta letaknya “Pelabuhan Samudera Ujung Jabung ini menjadi cita-cita rakyat Jambi, cita-cita kita, cita-cita kami para pemimpin, untuk Jambi bangkit, untuk Jambi yang lebih maju kedepan, Pelabuhan Ujung Jabung ini memang harus segera direalisasikan karena dengan adanya pelabuhan ini maka akan menggerakkan ekonomi Provinsi Jambi, untuk itu diperlukan penggerak ekonomi yaitu pelabuhan yang diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana transportasi yang efisien,” ungkap Gubernur. (hms/lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here