Home BERITA TERBARU MENTERI PERHUBUNGAN, BUDI KARYA SUMADI : KONTRIBUSI PEMENUHAN KEBUTUHAN MOBILISASI  MASYARAKAT DAN...

MENTERI PERHUBUNGAN, BUDI KARYA SUMADI : KONTRIBUSI PEMENUHAN KEBUTUHAN MOBILISASI  MASYARAKAT DAN BERHARAP MEDIA BERSAMA-SAMA MERAWAT SARANA

243
0

KOTA BEKASI, MEDIATRANSPARANCY.COM – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, didampingi Plt. Dirjen Perkeretaapian Umiyatun Hayati lakukan seremonial mengoperasikan KRL Lintas Manggarai – Bekasi – Cikarang dan beroperasinya Stasiun KA Bekasi Timur pada, Sabtu (7/10/2017) siang.

Ket foto: Walikota Bekasi, Dr H. Rahmat Effendi ketika memberikan amanat sambutannya saat menghadiri peresmian operasional Stasiun KA Bekasi Timur

Peresmian tersebut sebagai komitmen nyata Pemerintah dalam penyediaan sarana dan prasarana transportasi massal yang handal, aman, nyaman dan terjangkau untuk masyarakat, dan moda transportasi yang mampu mengurangi kemacetan akibat meningkatnya volume kendaraan.

Dalam kata sambutannya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan terkait penumpang kapasitasnya paling tidak naik 50 persen untuk semua kereta api kurang lebih 1 juta. “Jadi nanti pada saat double double track (DDT) itu tercipta, maka paling tidak 1,5 juta manusia bisa dilayani dan ini satu upaya yang konsisten Nanti juga ada elastis sehingga kita harapkan pada 2019 – 2820 sudah ada suatu pelayanan yang signifikan dari angkutan massal dan insya Allah pada saat itu kemacetan akan sangat berkurang,” katanya.

Menteri Perhubungan dalam penuturannya juga menjelaskan oleh karena pihaknya selalu mohon dukungan dari para stakeholder untuk melakukan hal ini. “Untuk diketahui bahwasanya dalam melaksanakan proyek ini kita mendapatkan fasilitas dari pemerintah Jepang mulai dari tahun 2012 dan ini harap adalah pasti memudahkan masyarakat untuk menggunakan Stasiun Bekasi Timur, dan di lokasi perberhentian ini telah didukung dengan fasilitas penunjang keamanan dan keselamatan para pengguna KRL,” ujarnya.

“Serta kami berharap bantuan ini dapat memberikan sesuatu yang berisikan layanan kepada masyarakat karena pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah harus didukung oleh Pemda maka saya ucapkan terima kasih, pada kesempatan ini saya juga menyampaikan terima kasih, arigatou karena ini sangat luar biasa, Jepang konsisten memberikan dukungan kepada kita,” papar Budi.

“Selanjutnya kami ingin menyampaikan melalui media juga marilah kita rawat fasilitas yang sudah kita bangun dengan susah payah dan biaya yang mahal ini karena dengan merawat itu maka banyak hal yang bisa kita manfaatkan dan kita menerima hal-hal kebaikan dari itu Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kami resmikan KRL lintas Bekasi Cikarang dan Stasiun Manggarai,” tandasnya

Sementara itu, Wali Kota Bekasi, Dr. H. Rahmat Effendi menyatakan sikap optimisnya karena proyek KRL ini dapat mengurangi kemacetan di Kota Bekasi. “Yang saya yakin akan sangat bermanfaat bagi warga Bekasi. Proyek ini adalah solusi kemacetan yang selama ini terjadi. Baik di jalan negara Jalan Arteri maupun Jogja Jalan protokol bisa terpecahkan dengan persoalan Moda angkutan Perkeretaapian tersebut,” tutur Rahmat Effendi.

Pembangunan prasarana perkeretaapian  lintas Bekasi – Cikarang adalah hasil kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang melalui kontrak paket B1 dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,3 Triliun.

Terpantau transparancy.com, bahwa Pengoperasian KRL Lintas Bekasi – Cikarang ini adalah lintas pelayanan baru sepanjang 16,74 Km’sp yang dapat ditempuh dalam waktu 21 menit. Sementara frekuensi perjalanan sebanyak 32 Kereta Api per-harinya. Keberangkatan  KRL pertama  dari Stasiun Cikarang pukul 05.05 WIB sedangkan kedatangan KRL  terakhir di Stasiun Cikarang pukul 23.45 WIB.

Kementerian Perhubungan mengharapkan bantuan Pemerintah Daerah dalam hal ini Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi untuk integrasi jalur antar moda  di setiap stasiun. Harapan Menteri Budi Karya Sumadi agar media turut bersama menjaga sarana prasarana serta fasilitas agar manfaatnya dirasakan hingga bertahun-tahun mendatang.

(A.Zark)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here