Home BERITA TERBARU Menteri Perhubungan RI Mengapresiasi Aptrindo “Pengemudi Truk Pelopor Keselamatan Nomor 1”

Menteri Perhubungan RI Mengapresiasi Aptrindo “Pengemudi Truk Pelopor Keselamatan Nomor 1”

361
0

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Sehubungan dengan terselengaranya acara yang digagas Assosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) yang berjalan secara lancar dan sukses, saat mendeklarasikan “Pengemudi Truk Pelopor Keselamatan Nomor 1” beberapa waktu yang lalu, maka Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, telah mengapresiasi atas kegiatan tersebut dengan memberikan Sertifikat berupa Piagam Penghargaan kepada para Pihak Sponsor dan Panitia yang dilaksanakan bertempat di Aula PT IPC 2, Lantai 7 Jalan Pasoso Nomor 1 Tanjung Priok, Jakarta Utara pada, Minggu (07/4/2019) pagi.

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi (tengah) dengan didampingi Ketua umum APTRINDO, Gemilang Tarigan (kedua dari kiri), ketika Menhub memberikan keterangan kepada awak media saat mengapresiasi atas kegiatan Deklarasi Pengemudi Truk sebagai Pelopor Keselamatan Nomor 1, dengan memberikan Sertifikat berupa Piagam Penghargaan kepada para Pihak Sponsor dan Panitia yang dilaksanakan bertempat di Aula PT IPC 2, Lantai 7 Jalan Pasoso Nomor 1 Tanjung Priok, Jakarta Utara pada, Minggu (07/4).dok-istimewa

Wakil ketua Aptrindo, Kyatmaja Lookman saat ditanya mediatransparancy.com terkait sertifikat piagam penghargaan yang diberikan dari Menteri Perhubungan (Menhub) kepada Aptrindo dan pihak sponsor dengan banyaknya kontributor saat acara deklarasi.

“Banyak kontributornya termasuk aparat yang bertugas memastikan keamanan acara ketika deklarasi berlangsung, semua ada kurang lebih 90. Sedangkan untuk sponsor sedikit-sedikit kita saweran,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi ketika memberikan keterangan Pers-nya kepada para awak media mengatakan bahwa alasan pihaknya mengapresiasi pemberian piagam penghargaan tersebut karena keselamatan adalah nomor 1.

“Kita membayangkan bahwa apa yang mereka (Aptrindo) lakukan itu adalah penting. Bahkan pak presiden Jokowi mengatakan profesi pengemudi telah (merupakan-red) profesi yang mulia,” tutur Menhub Budi.

“Kan kita dapat bayangkan apapun, bagaimana mungkin keseharian kita ditentukan dengan kegiatan-kegiatan. Kita makan nasi sepiring pun dan secangkir teh manis dengan gula yang mereka (pengemudi) bawa dari suatu tempat yang jauh pun ketempat kita. Oleh karenanya layak kita sampaikan sebagai profesi yang mulia,” kata Menhub Budi.

Dalam penuturannya Menhub Budi juga menjelaskan bahwa hal ini sebagai bagian dari apresiasi pihak Kemenhub memuliakan para pengemudi yang tergabung di Aptrindo. “Dan sebagai upaya kita memuliakan mereka, kita memberi perhatian keselamatan. Namun keselamatan (datang) tidak dengan sendirinya, ada cara-caranya kita mendapatkan keselamatan,” paparnya.

Masih kata Budi, pemerintah melalui berbagai regulasi, melalui berbagai fasilitas memberikan suatu arah, bahwa keselamatan itu yang dijunjung. “Katakanlah jalan itu musti 2 jalur, ‘ngak mungkin 1 jalur saja, gitu. Sehingga diarahkan pengemudi itu tidak tertabrakan atau banyak hal-hal lain yang secara keseharian dilakukan,” ungkap Menhub Budi.

Nah oleh karenanya, lanjut Menhub Budi dirinya juga mengimbau seluruh komponen terkait untuk memberikan support. “Saya mengajak semua stakeholder, khususnya Aptrindo dan assosiasi yang lain memberikan dukungan kepada pengemudi agar mereka selalu melakukan kegiatan berkeselamatan,” imbau Budi.

“Hari-hari berikut ini ada satu tantangan, bahwa satu mekanisme bekerja yang tadinya sudah tertinggal 2 poin 0 kita tingkatkan menjadi 14-0 harus dilakukan. Banyak yang telah dilakukan, oleh karenanya saya mengapresiasi (kegiatan) acara hari ini agar kita selalu diingatkan bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan logistik, berkaitan dengan pengemudi dan itu harus mendapat perhatian dari pemerintah dan kami (Kemenhub) konsisten untuk memperhatikan,” pungkasnya.

Seperti diketahui APTRINDO merupakan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia yang dideklarasikan pada tanggal 19 Agustus 2014 di Sunlake Hotel, Sunter Tanjung Priok, Jakarta Utara yang saat itu dilakukan oleh 48 Pengusaha Truk dari berbagai daerah yang anggotanya terdiri dari pengusaha-pengusaha truk di seluruh Indonesia dan telah terdaftar secara resmi di Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum HAM) RI.(*)

 

Reporter : Ach Zark
Editor   : Ahmad Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here