Home NASIONAL Menteri Susi “Berhati Besi”, Silakan Coba Turunkan Saya !

Menteri Susi “Berhati Besi”, Silakan Coba Turunkan Saya !

189
0
Foto : Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Jakarta, Mediatransparancy.com – Selaku mantan pengepul ikan di Pangandaran Jawa Barat, Susi sejak awal menjabat menteri tahu persis bahwa kekayaan laut Indonesia dirampok negara lain selama dua dekade terakhir.

“Indonesia negara kepulauan dengan laut terpanjang kedua di dunia, tapi ekspor ikannya hanya nomor tiga di Asia Tenggara. Jumlah nelayan turun dari 1,6 juta jadi hanya 800 ribu. Itu hal yang sangat ironis,” kata Susi, Minggu{05/06) dikutip CNN.

Foto : Kapal Pencuri Ikan Hancur Oleh Susi.
Foto : Kapal Pencuri Ikan Hancur Oleh Susi.

Itu pula yang membuat Susi berhati besi. Ia menembak dan menenggelamkan kapal-kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia, sehingga ada sekitar 176 kapal yang ditenggelamkan dalam rentang waktu satu setengah tahun terakhir. Pun 60 kapal lagi masih menunggu antrean untuk dikaramkan.

Susi menggandeng TNI Angkatan Laut, dan mengundang media tiap hendak menenggelamkan kapal pencuri ikan. Publikasi besar-besaran ia yakini ampuh untuk menimbulkan efek jera.

Luasnya laut Indonesia, kata Susi, bahkan membuat nusantara tak cukup dijaga oleh 134 kapal perang TNI AL.

Susi cukup senang karena Presiden Jokowi bersedia mengubah kebijakan di sektor perikanan yang semula mengizinkan 100 persen investasi asing menjadi negatif investasi.

“Merinding saya. Satu-satunya sumber daya alam yang tertutup bagi modal asing, orang asing, dan nelayan asing kini adalah perikanan tangkap,” ujar Susi.

Kepada para pencuri ikan, Susi berpesan singkat, “Silakan coba turunkan saya dari Menteri Kelautan Perikanan.”

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here