Home DAERAH Meterologi Legal, Jembatan Timbang Hong Xin Steel Disegel

Meterologi Legal, Jembatan Timbang Hong Xin Steel Disegel

318
0
Foto : KUMKMP DKI Jakarta melakukan ‎penyegelan jembatan timbang Hong Xin Steel di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur

Jakarta, Mediatransparancy.com – Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta melakukan ‎penyegelan jembatan timbang Hong Xin Steel di Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur. Pasalnya tanda tera di dua jembatan itu dinilai menyalahi UU No. 2 Tahun 1981 tentang meterologi legal.

“Alat ukurnya sudah lama tidak ditera, kita segel satu alat timbangan jembatannya sampai proses gelar perkara selesai,” ujar Ety Syartika, Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian dan Perlindungan Konsumen Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Kamis (28/4).

Menurutnya fungsi timbangan adalah menimbang barang yang tonasenya besar tapi diatas truk. Sehingga bisa diketahui selisih berat muatan sebelum dan setelah dibo‎ngkar.

“Selama ini memang kita jalankan fungsi pembinaan, tapi ini kan perusahaan besar kita nilai pasti tahu aturanlah makanya langsung kita tindak saja,” katanya.

Selain itu pihaknya juga memberikan sanksi pada PT Johnson yang dinilai memalsukan dokumen tera. Menurutnya diduga perusahaan mencetak sendiri nomor seri seolah-olah sudah dilakukan peneraan timbangan ukurnya.

“Alatnya kita tidak segel, tapi akan kita lakukan gelar perkara juga, kita libatkan pihak Polda, kita panggil penanggung jawabnya, alasan mereka sih menggunakan jasa pihak ketiga dalam peneraan alat ukur,” tandasnya.(humas jakarta.com)

Editor : Chris Muryat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here