Home DAERAH Nostalgia Yang Tak Terlupakan

Nostalgia Yang Tak Terlupakan

259
0

Muaro Bulian,  Transparancy.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri Agus mengatakan, Di Kabupaten Batanghari ini banyak sekali nostalgia yang selalu dan tak bisa terlupakan, karena pada mulanya Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) meniti karirnya dari kabupaten inilah awalnya. Mulai dari golongan terendah kemudian melanjutkan sekolah dan menjadi Sekretaris Camat di Batanghari kemudian Camat Jambi Kecil dan dilanjutkan Camat Mersam dan pindah lagi jadi Camat Muara Tembesi. Hal tersebut  dikatakan Hj. Yusniana saat Pengukuhan Forikan Kabupaten Batanghari dan Kampanye Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) di Pondopo Rumah Dinas Bupati Batanghari, Senin (28-4/14). Acara yang berlangsung meriah  ini turut dihadiri oleh Plt. Bupati Batanghari Sinwan SH, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi H.Saifudin.Amk.SE serta para pejabat lainnya.

Dalam sambutan dan arahannya Hj. Yusniana mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Batanghari atas partisipasinya dalam menginisiasi Pengukuhan Forikan sekaligus Menggalakkan Gerakan Makan Ikan. ”Saya menilai kegiatan yang dilaksanakan ini memiliki makna yang penting dalam upaya mendorong peningkatan konsumsi ikan secara Nasional, sekaligus mendukung program pemerintah dalam mempersiapkan generasi muda yang sehat, kuat dan cerdas di Provinsi jambi,” tutur Hj.Yusniana.

Dikatakan Hj.Yusniana, sebagai Tim Penggerak PKK, sebagai kader Pangan, sudah seharusnya tanggap terhadap berbagai peristiwa dan gejala yang terjadi, termasuk fenomena terhadap perkembangan produk pangan dari ikan. ” Karena ikan merupakan salah satu produk pangan sumber protein tinggi yang mudah dicerna dan mengandung asam lemak tak jenuh Omega-3, yang berperan melindungi jantung, menurunkan kolesterol dalam darah dan sangat bermanfaat dalam pembentukan otak selama masa pertumbuhan,” Jelas Hj. Yusniana.

Hj.Yusniana juga berharap melalui pertemuan ini dapat memberikan kontribusi positif untuk mendongrak konsumsi ikan masyarakat Jambi, terutama di Kabupaten Batanghari ini untuk mencapai target sesuai dengan kondisi ideal yang diinginkan. ”Dengan berjalannya Program Gemarikan ini, kedepannya mampu memotivasi masing-masing pelaku usaha yang terkait dengan usaha perikanan, agar dapat terus berpartisipasi dalam mengalakkan gemarikan dan memberikan bimbingan tentang pengolahan Produk Perikanan,” harap Hj.Yusniana.

Usai acara pengukuhan Forikan Kabupaten Batanghari ini, Hj.Yusniana dan rombongan menuju Kantor Camat Muara Tembesi yang dimana HBA juga pernah menjadi Camat muara Tembesi ini. Disini Camat berserta Tim Pengerak PKK kecamatan, sangat mengharapkan kedatangan Istri Orang Nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi Jambi ini untuk bisa memberikan petunjuk dan bisa membagi pengalamannya.

Pada kesempatan ini Hj.Yusniana menjelaskan  bahwa sebagai anggota Dharma Wanita yaitu istri dari Pegawai Negeri Sipil harus mampu menempatkan diri dan semakin kreatif dan inovatif lagi dalam melaksanakan berbagai program terkait, khususnya dalam
meningkatkan kesejahteraan anggotanya. “Saya berharap kepada Dharma Wanita Persatuan untuk  terus melaksanakan program yang mampu meningkatkan harkat dan martabat kaum perempuan disamping membantu suami untuk bisa meningkatkan penghasilan keluarga,” terang Hj. Yusniana.

Usai pertemuan dengan Tim Penggerak PKK Kecamatan Muaro Tembesi, Hj.Yusniana mendapat laporan dari salah seorang Warga bahwa di Desa Sungai Duren Kabupaten Muaro Jambi ada seorang anak yang sakitnya sudah lama. Anak dari pasangan M.Amin dan Farida ini sudah lama menderita sakit.

Begitu mendapat laporan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi berserta rombongan langsung melakukan kunjungan kerumah tempat Auzar yang sakit tersebut. ”Dengan tidak disangka-sangka kami bisa ketemu ibu Hj. Yusniana,”  ujar  Farida. Kemudian rombongan Ketua TP PKK Provinsi Jambi ini melanjutkan perjalanan menuju rumah Jufri Rahman dan istrinya Sofia di Desa Sungai Duren untuk menengok anaknya yang bernama Yudi yang juga menderita sakit yang sudah lama. Pada kesempatan ini Hj.Yusniana menjelaskan bahwa inilah tugas RT, Kepala Desa serta Camat untuk ikut melihat kebawah. “Tolong sampaikan kepada Pemerintah untuk segera dibantu apalagi bagi warga yang kurang mampu,” tandas Hj.Yusniana.

Turut serta pada kunjungan Kerja Ketua TP PKK Provinsi Jambi ini para Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi serta para undangan
lainnya.  (lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here