banner 728x250

Objek Wisata Sopo Guru Tetea Bulan Gelap Gulita”PLN Cabut Meteran”

  • Share

SAMOSIR, MEDIA TRANSPARANCY – Dua Malam ini Objek Wisata Sopo Guru Tetea Bulan Gelap Gulita yang berada dikecamatan Sianjurmula mula, ini terjadi akibat Pihak PLN Cabang Pangururan cabut Meteran listrik yang didampingi penegak hukum,  pemutusan dilakukan Sabtu (19/12), sekira pukul 12.00 wib.

Menurut informasi yang dihimpun Awak media dari beberapa warga sebagai saksi mata,  bahwa pemutusan Arus Listrik dilakukan sepihak dimana diduga pihak Pemerintah Kabupaten Samosir, ada memasang dibeberapa titik lampu tanpa sepengetahuan pihak PLN, sehingga penertipan dilakukan yang didampingi oleh pihak penegak hukum saat berada kerangka pemutusan (TKP-red)di Objek Wisata ini.

judul gambar

Pemutusan arus Listrik di Objek Wisata ini juga dibenarkan warga setempat yang berprofesi penjaga Parkir di Objek wisata berinisial Bapak MS(66) ketika disambangi awak media ini Minggu (20/12) dilokasi kejadian.

MS Mengatakan, tidak mungkin Pemerintah Kabupaten Samosir mampu mencuri arus listrik, karena yang memasangang intalasi adalah pegawai PLN itu sendiri dan kalau memang harus diputus seharusnya Pemerintah perlu diberitahukan lebih dulu dan juga kepada kami selaku yang menjaga lokasi ini dengan nada kesal.

Lebih lanjut MS menjelaskan sebenarnya tidak masuk akal ada pencurian arus listrik disini, tidak masuk akal lah lae dengan logat bahasa daerah dan areal ini merupakan sebagai Objek Wisata Andalan Kabupaten Samosir telah menghasilkan sumber PAD yang cukup lumayan selama ini, terangnya.

Dimana secara teknis “karena Objek Wisata ini adalah milik Pemerintah kabupaten Samosir sudah seharusnya, mereka mengetahui dan ikut mendampingi agar kami tidak bingung dalam pemutusan listrik ini, ungkapnya.

Disini kami hanya penjaga parkir dan menjaga kebersihan tempat ini, setiap pengunjung yang datang langsung Dinas terkait untuk mengutif restribusi Rp.5000 per orang setiap pengunjung, tuturnya.

Ketika hal ini dikonfirmasi Kepada Dinas Pendapatan Kabupaten Samosir, Hot Raja Sitanggang, dia tidak tahu terkait pemutusan yang dilakukan oleh pihak PLN pada Objek Wisata Sopo Guru Tetea Bulan tersebut.

Namun ketika dipertanyakan Dinas mana yang mengelola tempat itu, dia belum mengetahui secara pasti Dinas apa yang mengelelola tempat itu, mungkin tanya saja Dinas Pariwisata, harap Hot Raja Sitanggang mengakhiri.

Senada Terkait Pemutusan Arus Listrik Sopo Guru Tetea Bulan, akhirnya Polma Gurning Ketua Fraksi Nasdem Kabupaten Samosir angkat bicara dan meminta kepada pemerintah kabupaten Samosir, terkhusus dinas terkait segera menuntaskan masalah ini, supaya jangan berlarut-larut yang berdampak isu negatif dan menjadi opini dimasyarakat Samosir .

Apalagi tempat itu merupakan salah satu situs sejarah peradaban pada khususnya Oppu Guru Tetea Bulan yang perlu kita hargai sebagai masyarakat yang menghargai leluhur, yang sudah kita akomodir sebuah kearifan lokal dalam mensukseskan pariwisata didaerah ini.

Disini saya sekali lagi berharap Kepada Pemerintah kabupaten Samosir segera menangani masalah ini sehingga tidak terjadi hal-hal negatif isu meluas, imbuh Polma Gurning. HSTG)

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *