Home Berita Terbaru OK-OCE PEPES Gelar Pelatihan UMKM dan Dialog “Membangun Mental Pewirausaha” di Bekasi

OK-OCE PEPES Gelar Pelatihan UMKM dan Dialog “Membangun Mental Pewirausaha” di Bekasi

89
0

KOTA BEKASI, MEDIATRANSPARANCY.COM – Perhimpunan Emak-Emak Penggerak Indonesia Sejahtera (PEPES) yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Program One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship (OK-OCE) menggelar pelatihan, dialog dan diskusi interaktif OK-OCE yang diselenggarakankan bertempat di Graha Hartika, Jalan Kemakmuran Nomor 47, Marga Jaya Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat pada, Jum’at (19/07/2019) siang

Sandiaga S. Uno selaku Founder OK-OCE sekaligus keynote speaker saat memberikan pemaparannya dalam kegiatan pelatihan UMKM dan Dialog Kewirausahaan 2019 yang digelar bertempat di Graha Hartika, Jalan Kemakmuran Nomor 47, Marga Jaya Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat pada, Jum’at (19/07).dok-istimewa

Acara kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan demi meningkatkan pribadi dan jiwa kewirausahaan untuk lebih membuka wawasan serta implementasi program-program yang telah dicanangkan serta bertujuan memberikan sosialisasi sistem pelayanan OK OCE kewirausahaan serta pemaparan program-program andalan PEPES yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga yang menitik-beratkan pada emak-emak.

Ketua umum PEPES, Mak Wulan saat ditanya para awak media menjelaskan bahwa OK-OCE bersama PEPES berupaya meminimalisir jumlah pengangguran di Indonesia melalui sistem ekonomi yang berbasis masyarakat.

Ketua OK-OCE, Iim Rusyamsi ketika memberikan materi pelatihannya saat diselenggarakannya pelatihan dan dialog yang digagas PEPES, acara dilaksanakan di Graha Hartika, Jalan Kemakmuran Nomor 47, Margajaya Bekasi Selatan Kota Bekasi pada, Jum’at (19/07).dok-istimewa

“Pada intinya semua peserta OK-OCE mempunyai peluang keberhasilan yang sama. Dan ia siap berbagi ilmu serta bersilaturahmi. Tujuan selain bermental pemenang juga anggota PEPES memiliki pemikiran luas untuk terus berkembang dan berinovasi,” tutur Mak Wulan.

Ketua umum PEPES, Mak Wulan saat menjawab pertanyaan wartawan usai acara kegiatan pelatihan dan dialogGraha Hartika, Jalan Kemakmuran Nomor 47, Marga Jaya Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat pada, Jum’at (19/07).dok istimewa

Selain itu, dalam kegiatan ini, Mak Wulan juga menyampaikan cara-cara meningkatkan ekonomi bagi emak-emak dalam menata rumah tangga serta membuka lapangan pekerjaan sesuai dengan program yang digagas founder OK-OCE Sandiaga Uno selaku keynote speaker dalam pelatihan dan dialog ini.

“Maksudnya adalah mensosialisasikan program-program OK-OCE karena kita sinkronisasikan dengan program PEPES, yakni perempuan hebat, perempuan mandiri, gerakan ekonomi rakyat serta gerakan bisa kerja. Hal ini yang bisa kami lakukan, selain untuk memberikan pelatihan sekaligus upaya mendorong semangat masyarakat supaya mulai berwirausaha dengan kondisi pengangguran yang cukup banyak saat ini,” kata Wulan kepada mediatransparancy.com.

Masih kata Mak Wulan, bahwa melalui PEPES menginisiasi sebuah gerakan demi menciptakan serta terwujudnya lapangan kerja dan dengan program andalan rumah siap kerja. “Kita membantu adik-adik kita yang baru lulus, agar supaya benar-benar siap kerja, etos dalam bekerja meraka dapat pahami,” paparnya.

“PEPES juga berusaha memberikan kontribusi pada perekonomian rumah tangga yang saat ini lebih terkonsentrasi pada usaha-usaha yang akan disinkronkan terhadap program OK-OCE yang telah diluncurkan,” ujar Mak Wulan.

Discovery dipetakan jelas oleh Mak Wulan dengan menciptakan satu lapangan kerja buat diri sendiri kemudian tercipta wirausaha menghasilkan dan mencukupi kebutuhan keluarga dengan sejahtera.

“Peluang pasar terbesar adalah usaha kuliner mencapai 47%, fashion 18% kemudian karya Kriya atau Craft sebesar 16%, namun tidak menutup kemungkinan bagi pelaku usaha yang lain sama masih banyak peluang pasar kategori kecil namun juga potensial secara leadership,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua OK-OCE Iim Rusyamsi menggarisbawahi tekad membangun mental pemenang. “OK-OCE adalah gerakan penciptaan lapangan kerja bertujuan mengentaskan pengangguran, minimal orang kerja untuk diri sendiri dahulu berlanjut membuka peluang kerja bagi skip keluarga serta lingkungan,” kata Iim Rusyamsi di sela kegiatan pelatihan OK-OCE yang digagas PEPES.

Informasi terakhir yang berhasil dihimpun warrawan, bahwa Bunda Harti Muntakko seperti diketahui selaku owner gedung Graha Hartika sekaligus sebagai sponsorship dengan memberikan free paket gedung serta sempat menyerahkan voucher resto senilai Rp 2 juta kepada Sandiaga Uno sambil mempersilahkan awak media untuk dapat menikmati sajian menu istimewa restorannya.

Ketika diwawancarai, Sandiaga Uno memaparkan terkait sistem 7-P yang wajib dilaksanakan saat pendampingan. “Pertama pendaftaran kemudian pelatihan, pendampingan atau mentor. Setelahnya terkait perijinan, pemasaran produk kemudian juga jangan lupa terkait laporan keuangan,” imbau Sandiaga Uno, yang selalu mengapresiasi dan memberikan semangat peserta pelatihan OK-OCE.

“Kita membuka peluang, kita buka lapangan kerja dan kita hadirkan solusi untuk masyarakat Indonesia. Selain koperasi, pengembangan OK-OCE salah satunya, mampu membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya khususnya untuk anak-anak muda,” tandasnya.(*)

 

Reporter : Ach Zark
Editor   : Ahmad Z
alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here