Home NASIONAL Otto Hasibuan : JPU Ragu-Ragu, Kalau Yakin Hukuman Mati Sekalian

Otto Hasibuan : JPU Ragu-Ragu, Kalau Yakin Hukuman Mati Sekalian

371
0
Foto : Jessica Kumala Wongso bersama Kuasa Hukum.

Jakarta, Mediatransparancy.com – Pada sidang ke 27 dalam agenda mendengarkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Jessica Kumala Wongso alias Jess dalam kasus meninggalnya Mirna Salihin diduga keracunan Sianida JPU menuntut Jess 20 tahun penjara.

Tim kuasa hukum Jessica rupanya memiliki pandangan berbeda. Tuntutan 20 tahun ini justru dianggap sebagai keraguan JPU.

Salah satu kuasa hukum Jessica Otto Hasibuan menilai, apabila JPU yakin Jessica bersalah, maka mestinya kliennya itu dituntut dengan hukuman mati.

“Bagi kami satu hari atau 20 tahun sama saja karena tidak ada buktinya. Kalau jaksa yakin, harusnya hukuman mati sekalian. Jelas ini JPU ragu-ragu,” ucap Otto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu malam (5/10).

Otto mengatakan banyak keterangan dalam berkas tuntutan yang ditambah atau bahkan dikurangi JPU. Salah satunya adalah soal dosis racun sianida sebanyak lima gram yang dimasukkan dalam minuman Vietnamese Ice Coffee (VIC) yang menewaskan Wayan Mirna Salihin.

Menurutnya, keterangan itu tak pernah diungkapkan saksi fakta maupun ahli dalam sidang-sidang sebelumnya. “Jadi banyak sekali yang tidak sesuai. Nanti kami akan jelaskan di pledoi,” tuturnya.

Salah satu JPU, Ardito menampik apabila tuntuan tersebut dianggap terlalu ringan. Keterangan berbelit-belit dan sikap Jessica yang tak mengakui perbuatannya dianggap menjadi hal yang memberatkan atas tuntutan tersebut.

“20 tahun ini juga hukuman maksimal. Pertimbangan kami, ini tuntutan yang pantas bagi terdakwa,” ujar Ardito.

Jessica dijerat pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman pidana 20 tahun kurungan penjara dan maksimal hukuman mati.

Penulis : Chris Muryat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here