Home DAERAH Pabrik Pakan Ikan di Bangun Menggunakan APBD, Dinas Kelautan dan Perikanan Masa...

Pabrik Pakan Ikan di Bangun Menggunakan APBD, Dinas Kelautan dan Perikanan Masa Bodoh

356
0
Pabrik pakan Ikan/pelet yang di bangun oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Musi Banyuasin yang terletak di Desa Petaling kecamatan Lais Sumatra Selatan, menjadi bangunan tua.

Musi Banyuasin, Mediantsparancy.com – Sebuah Pabrik pakan Ikan/pelet yang di bangun oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Musi Banyuasin yang terletak di Desa Petaling kecamatan Lais Sumatra Selatan, menjadi bangunan tua.

Pabrik Pakan Ikan tersebut diketahui di bangun menggunakan APBD Kabupaten pada tahun 2008-2009 yang menghabiskan hingga ratusan juta rupiah bahkan milyaran rupiah ini, justru saat ini diabaikan oleh pemerintah setempat.

Menurut keterangan Edi Akbar salah seorang tokoh desa setempat disaat dikomfirmasi oleh mediatransparancy.com mengatakan “saat ini pabrik pakan ikan yang di bangun oleh APBD pemerintah saat itu, kini berubah menjadi bangunan tua yang tidak pernah dirawat atau di benahi”.

“Uang rakyat telah digunakan pemerintah setempat untuk bangun sebuah pabrik pakan ikan yang bertujuan untuk menghidupi masyarakat Musi Banyuasin Sumatra Selatan justru saat ini menjadi mubazir”, tegas Edi Akbar. 

Dalam pantauannya wartawan mediatransparancy.com di lapangan dan informasi baik dari tokoh desa dan masyarakat di ketahui bahwa sejak bangunan pabrik tersebut di bangun ternyata tidak adanya aktivitas dalam pekerjaan.

Bahkan ironisnya lagi, beberapa tembok bangunan pabrik tersebut sudah banyak yang hancur, sedangkan puluhan mesin yang berada di dalam pabrik pakan tersebut raib di curi orang.

Melihat hal tersebut, pemerintah setempat yang menangani pabrik tersebut baik dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Musi Banyuasin Sumatra Selatan, hingga saat ini hanya diam saja dan tutup mata semata mata tidak mengetahui bahwa pabrik pakan ikan tersebut di bangun dengan APBD pemerintah setempat.

Pada hal ditambahkan Edi, jika pabrik pakan ikan/pelet tersebut benar-benar dioprasikan dan berjalan, banyak sekali membawa keuntungan bagi warga di beberapa Desa seperti Desa Petaling, Teluk kijing, Lais Rantau Keroya Teluk dan desa desa tetangga disekitarnya.

Karena menurut Edi tokoh Desa setempat memaparkan bahwa pada umumnya masyarakat di beberapa desa tersebut selain petani Karet juga petani Keramba Ikan Patin dan Ikan Toman, kalau pabrik tersebut memproduksi pakan ikan/pelet tentunya masyarakat sekitar tidak perlu jauh-jauh untuk membeli pakan ikan dengaan harga jauh lebih murah. 

Dalam harapan kedepan bagi seluruh masyarakat sekitar jika pabrik pakan tersebut berjalan dengan baik, maka diyakinkan akan menambah lapangan pekerjaan masyarakat Musi Banyuasin Sumatra Selatan sendiri.

Kemudian menurut keterangan Dody.SH selaku pakar Hukum desa mengomentari proyek pembangunan pabrik pakan ikan/ pelet mengatakan “Bangunan pabrik Pakan ikan tersebut diangga mengerjakan sangat di paksakan karena adanya unsur-unsur kejanggalan dalam proyek tersebut”.

Penulis : Medes
Editor    : Novita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here