Home DAERAH Panen Padi Sukses, Gubernur Harap Petani Pertahankan Lahan

Panen Padi Sukses, Gubernur Harap Petani Pertahankan Lahan

269
0

fhoto gub panen padi-1Sarolangun-Transparancy.com-Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) usai Panen Padi Ladang Varietas Unggul Lokal di Pulau Gedang Desa Tinting Kecamatan Sarolangun, Jum’at (14/3), berharap petani tidak meninggalkan lahan atau merubah fungsi lahan pertanian dengan memotivasi petani untuk meningkatkan hasil panen dalam upaya ketersediaan pangan serta peningkatan kesejahteraan
“Animo masyarakat sini masih bagus untuk menanam padi dan terus kita motivasi untuk meningkatkan hasil,” ujar HBA.

Peningkatan hasil pertanian khususnya padi(beras) sebagai kebutuhan pangan menjadi perhatian serius gubernur,”Intensifikasi dengan pembangunan dam dan irigasi dan ekstensifikasi dengan mencetak sawah baru,” kata HBA. Namun upaya peningkatan hasil pertanian tersebut menurut gubernur harus dibarengi dengan keinginan masyarakat untuk bercocok tanam dan menjaga lahan pertanian supaya tidak beralih fungsi atau ditinggalkan,”Kita harapkan sawah yang dicetak tetap dikerjakan (digarap) setiap tahun oleh masyarakat,”lanjut HBA.

Mengenai harapan gubernur terhadap masyarakat dalam upaya mempertahankan lahan pertanian atas dasar keprihatinan dengan kondisi sawah disalah satu daerah di Provinsi Jambi yang dulunya menghasilkan padi kini beralih menjadi tempat penambangan emas tanpa izin (PETI) dan kondisi tersebut akan berdampak menurunnya produksi beras,”Sawah yang sudah bagus hancur lebur akibat PETI, kita harapkan semua pihak mengamankan lahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegas HBA.
Menurut HBA, sebagai pemimpin tentunya merasa senang melihat masyarakat sejahtera dengan ketersedian pangan yang cukup, kondisi itulah yang harus dipertahankan antara pemerintah dan masyarakat saling bekerjasama,”Senang dan terharu melihat padi menjadi (panen berhasil),” ungkap Gubernur.

Keceriaan panen padi ini tidak hanya dirasakan masyarakat bahkan Bupati Sarolangun H. Cek Endra terkesan dengan varietas lokal unggulan yang baru saja dipanen,”Saya terkesan dengan kualitas padi yang kita panen dan hasilnya sangat menggembirakan sampai 3,2 ton perhektar,” kata Bupati Sarolangun.
Dilanjutkan Bupati Sarolangun mengenai hasil panen yang berlimpah untuk ukuran Padi Ladang terus diupayakan peningkatan hasilnya dengan memberi bantuan kepada petani serta mencetak sawah baru,”Apa kebutuhan pertanian tolong bicarakan ke kami (Pemkab) dan ajak keluarga untuk bertani agar produksi beras bertambah paling tidak untuk makan keluarga,” ungkap Bupati.

Lahan seluas 300 hektar yang ditanami padi tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan khususnya di Desa Tinting selama satu tahun berdasarkan perhitungan BPS dengan kebutuhan beras 130 kg perorang pertahun,”Bisa satu tahun surplus utk Desa Tinting,”ujar Kepala BPS Sarolangun. Panen Raya tersebut diikuti Wakil Bupati Sarolangun, Dandim Bangko, Kapolres Sarolangun, Asisten Ekbang Kessos Setda Provinsi Jambi, Ketua TP PKK Sarolangun, Kepala Biro Humas Provinsi Jambi, Kadisperta Provinsi Jambi, Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, pejabat di Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Sarolangun.(lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here