banner 728x250

PBB se- Jakarta Utara Ikut Serta Jaga Kamtibmas Pada saat Memperingati Hari Wafat Isa Al-Masih & Perayaan Paskah

  • Share

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Bersama TNI-Polri anggota PBB ikut pengamanan Gereja. Organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB) di lingkungan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Jakarta Utara kian gesit dalam sinerginya bersama TNI/Polri, Pemerintah dan jajaran lainnya dalam menjaga dan memelihara keamanan serta ketertiban di tengah masyarakat (Harkamtibmas). (Minggu 4/4/21).

Hal itu diwujudkan dengan kolaborasi yang dituang organisasi dengan ciri khas “Gorga Batak” ini dalam menjaga keamanan pelaksanaan hari besar umat Kristiani yang telah dimulai sejak Kamis lalu sempena Kamis Putih.

judul gambar

Tak henti, pengerahan personel untuk bersinergi dengan jajaran TNI/Polri dalam pengamanan peribadatan pun dilangsungkan pada pelaksanaan Jumat Agung atau peringatan wafatnya Isa Almasih, Jumat (2/4) lalu.

Bahkan sampai hari, penjagaan pun masih digencarkan di berbagai rumah ibadah pada pelaksanaan momen sakral Paskah 2021.
Tak kurang dari ratusan personel bergerilya dalam menjaga keamanan sekitar 103 Gereja yang ada dan tersebar di 6 Kecamatan di Kota Administrasi Jakarta Utara

“Seluruh satuan tugas (Satgas) mulai dari DPC, PAC, hingga Ranting kita kerahkan untuk menjaga dan mengamankan seluruh gereja yang ada di wilayah Jakarta Utara agar pelaksanaan ibadah mulai dari Kamis Suci, Jumat Agung dan Paskah bisa berlangsung dengan Hikmat,”
kata Timbul Fransisco Malau, Ketua DPC PBB DPC Jakarta Utara Minggu (4/4).

Untuk memaksimalkan penjagaan, pihaknya bahkan mengerahkan Provost dan Tim Unit Reaksi Cepat (URC) untuk saling melengkapi di lapangan.

Tara cara Pengamanan Seluruh Hari Besar Umat Beragama

Timbul Fransisco Malau sebagai Ketua DPC PBB Jakarta Utara menegaskan, pihaknya hadir tak hanya berkutat pada internal kesukuan dan satu agama belaka. Dewasa ini, PBB dianggapnya menjadi salah satu organisasi kebanggaan yang siap kapan saja dalam menjaga kerukunan umat beragama dan budaya luhur yang ada di Negeri Junjungan.

Sebagai perwujudannya, pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan jajaran Kepolisian Resor (Polres Metro Jakarta Utara) dan Kodim 0502/ Jakarta Utara guna bersinergi dalam penjagaan keamanan sempena bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2021.

“Kedepan, ibadah puasa dan momen Idul Fitri pun kita kawal keamanannya. Kita bukanlah organisasi yang Rasis atau Agamis. Namun kita berbaur untuk saling merangkul, tentunya kiya tak melupakan budaya Batak yang tegas nan luhur,” tegas Ketua Timbul Malau

“Menjaga kesejukan antar umat beragama, suku dan budaya di tengah keberagaman masyarakat, serta ikut melaksanakan pembangunan yang memajukan adalah cita-cita PBB. Oleh karenanya, semua dan setiap pelaksanaan hari besar keagamaan, kita pastikan tetap hadir di tengahnya. Kita semua bersaudara,” tuturnya.

Terpisah, Waka DPC PBB Jakarta Utara Lamhot Sihombing, S.Pd turut menyakinkan bahwa pihaknya bakal terus berbakti demi kesatuan dan persatuan NKRI sebagai harga mati yang tak bisa ditawar lagi.
Yang mana Lamhot Sihombing adalah Wakil Tunggal Ketua DPC Jakarta Utara.

“Kita hadir sebagai organisasi yang sejuk dan tegas. Satu rasa dan satu jiwa adalah haluan kita / 4 Pilar PBB ( Solidaritas Toleransi rukun dan gotong royong) dan itu tak asal diteriakkan saja. Harus juga dibuktikan dengan aksi kita di lapangan,” Ujar Tegas Timbul Malau & Lamhot Sihombing sebagai Ketua & wakil ketua PBB DPC Jakarta Utara.

Pantauan di berbagai gereja yang ada di PAC Penjaringan, Pademangan, Tj PRIUK, Koja, Kelapa gading, Cilincing dan DPC tetap setia dalam mengawal prosesi ibadah Paskah sejak subuh tadi yg di Monitor oleh KASATGAS, Wadan Provos, Ka Korlap DPC Jakarta Utara

Sinergi ini kian harmonis dengan kolaborasi bersama jajaran TNI/Polri Serta Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Utara
“Kita tetap bersinergi untuk menjaga kesejukan di tengah masyarakat, karena hal itu juga tak bisa ditawar agar tercipta suatu keseimbangan di tengah kehidupan bermasyarakat,” ucap Tegas Andri Simanjuntak & Samuel Sitompul Sebagai sekretaris & Wakil sekretaris Cabang DPC Jakarta Utara.

Kapolres Acungkan Jempol

Melihat dan mendengar langsung aksi-aksi PBB diwilayahnya Jakarta Utara TNI/Polri sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

TNI/POLRI Sangat mengapresiasi atas kolaborasi sinergi yang dituangkan seluruh personel PBB DPC, PAC diwilayah Jakarta Utara hingga ke jajaran Rantingnya yang ikut bergerilya dalam menjaga keamanan dan kesejukan suasana peribadatan.

Disinggung terkait wacana keterlibatan PBB dalam Operasi Ketupat sempena Bulan Ramadhan dan Idul Fitri mendatang, ia pun membuka lebar gagasan tersebut.

Karena salah satu Kegiatan Pemuda Batak Bersatu ( PBB) adalah kegiatan sosial yg menjunjung tinggi 4 Pilar PBB yaitu (Solidaritas Toleransi rukun dan gotong royong) Maka lahir lah Satu Rasa Satu Jiwa NKRI HARGA MATI,

Horas menjuah-juah njuah-juah.

Redaksi MT
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *