Home DAERAH Peduli Leadham Internasional Kepada Anak Panti Asuhan Dan Komunitas Khusus

Peduli Leadham Internasional Kepada Anak Panti Asuhan Dan Komunitas Khusus

397
0
Kunjungan Ketua Leadham Internasional DPW Jateng Ibu Ir. Rismauli D. Sihotang di Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia

SRAGEN, TRANSPARANCY.COM – Rasa haru bahagia ketika Leadham Internasional mendatangi Panti Asuhan di daerah Sragen dan Palur Karanganyar. Mereka adalah anak Yatim Piatu Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Sragen dan Panti Asuhan Anak Seribu Pulau, Karanganyar.

Ketua Leadham Internasional DPW Jateng Ibu Ir. Rismauli D. Sihotang saat mengunjungi Rumah Panti Asuhan Agape anak seribu pulau di Palur Karanganyar
Ketua Leadham Internasional DPW Jateng Ibu Ir. Rismauli D. Sihotang saat mengunjungi Rumah Panti Asuhan Agape anak seribu pulau di Palur Karanganyar

Dalam kunjungan ini Ketua DPW Leadham Jateng Ibu Ir Rismauli D. Sihotang dan Kabiro Litbang Mulyanto LHW juga menyempatkan berkunjung ke komunitas Tuna Netra di Sragen, untuk mengetahui sejauh mana kegiatan untuk kelangsungan hidup mereka. Apakah hak-hak mereka telah diperhatikan oleh pemerintah? Banyak hal yang ditemukan disini, tentang keinginan hati yang belum mereka dapatkan, bukan tentang kelayakan sebagaimana orang normal, mereka hanya butuh hal-hal kecil yang menurut mereka perlukan guna menunjang kehidupan mereka. Mereka mengajukan stick (tongkat) jalan untuk anggotanya saja pada pemerintah, namun dari 2008 hingga sekarang belum terealisasi.

Panti Asuhan Muhammadiah Putri di Sragen bersama Ketua Leadham Internasional DPW Jateng Ibu Ir. Rismauli D. Sihotang
Panti Asuhan Muhammadiah Putri di Sragen bersama Ketua Leadham Internasional DPW Jateng Ibu Ir. Rismauli D. Sihotang

Hidayat (41 th) Ketua ITMI (Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia) DPW Jateng, Ia sangat merasa menjadi nomer dua dalam pelayanan jasanya sebagai tukang pijat. Rata-rata orang membuat pilihan terakhir pijat kepada Tuna Netra ketika sudah tidak ada pilihan lain, selain itu juga Hidayat mengharapkan agar ketika mendapatkan pelatihan, tidak monoton pada satu ketrampilan pijat secara umum. Tapi pelatihan pijat yang ter up-date mengikuti perkembangan tekhnologi pijat, agar tidak ketinggalan dengan umumnya pemijat normal. Dengan keterbatasan mereka, pada siapa mereka harus menyampaikan hak-haknya?,…bukan secara kebetulan kehadiran Leadham Internasional ke ITMI, namun ada benang merah yang terjalin antara ITMI dengan Leadham Internasional. Terbukti pada tanggal 25 juni 2015 terjadi MoU antara Leadham Internasional DPW Jateng dengan Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) berkaitan dengan bantuan advokasi dan bantuan sosial dengan suatu ketentuan. Ini adalah langkah Leadham memberikan semangat dan harapan kepada komunitas Tuna Netra untuk bangkit mendapatkan hak-haknya. Karena ternyata ada potensi lain selain pijat yaitu seni, mereka mempunyai grup musik yang mestinya mendapatkan hak-hak untuk berkembang.

Di Panti Asuhan Anak Seribu Pulau, ada bermacam suku tergabung dalam satu wahana Panti Asuhan, rata-rata mereka menempati tempat ini dari usia kecil, dan dengan kesederhanaan mereka mampu hidup dengan jiwa yang bebas, Nampak keceriaan penuh dengan semangat hidup ketika mereka bernyanyi bersama dengan Ibu Risma, menyanyikan lagu rochani, lagu daerah dan lagu pop. Suatu contoh kongkrit telah kita temukan disini, dalam kemajemukan mampu menampakkan keindahan, kebersahajaan, persaudaraan yang erat seperti tidak ada batas. Agar ini menjadi contoh buat kita semua. Jauh dari kesan rasis, dan isme. Haru bahagia hablur bersama mereka dalam nyanyian-nyanyian yang mereka lantunkan.(Buletin Leadham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here