banner 728x250

Pegawai KPK 1.271 Orang Resmi Dilantik Pada Hari Peringatan Kesaktian Pancasila

  • Share

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Sebanyak 1.271 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), resmi dilantik menjadi pegawai Aparatur Spil Negara (ASN), pada hari peringatan Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2021.

Mereka yang dilantik langsung oleh ketua KPK Firli Bahuri itu, adalah para pegawai yang sebelumnya telah mengikuti tes dan dinyatakan lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

judul gambar

Sebagaimana sumpah dan janji yang dibacakan ketua KPK untuk diikuti para peserta pegawai ASN KPK, menyatakan,
“Saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk diangkat sebagai Aparatur Sipil Negara akan taat pada Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya,” ujar pegawai yang dilantik.

Dalam kesempatan tersebut ketua KPK berharap bagi para pegawai KPK yang sudah dilantik supaya komitmen untuk memerangi kasus korupsi. “Sebagai pegawai harus bermanfaat bagi negara dan bangsa berjuang memerangi korupsi bagaikan perang badar”, ucapnya.

Firli Bajuri juga menegaskan, siapapun yang korupsi uang negara merupakan penghianat Pancasila, untuk itu seluruh yang sudah dilantik supaya tidak ragu ragu memerangi dan melawan para koruptor. “Semua pegawai KPK supaya tidak boleh dipengaruhi para penguasa atau pemegang kekuasaan, baik pengaruh dari Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif, tidak boleh ragu ragu dalam memerangi korupsi, sebagaimana nilai sila ke tiga Pancasila yakni Persatuan Indonesia, akan menjadi kekuatan seluruh rakyat dan bangsa Indonesia dalam memberantas pelaku korupsi”, tegasnya dalam pidato pelantikan para pegawai KPK, di gedung merah putih KPK di jalan Raya Kuningan, Jakarta Selatan, 1/6/2021.

Ketua KPK dari instansi Kepolisian ini menjelaskan, pemberantasan korupsi tidak pernah berhenti sampai nantinya Indonesia bisa bebas dari korupsi.
“Untuk itu kita semua harus bersatu untuk memberantas para pelaku korupsi tanpa ragu ragu, selamat berjuang melawan musuh bangsa yakni korupsi”, katanya.

Pada acara tersebut, ketua KPK
juga langsung melantik secara daring dengan menjalankan Protokol Kesehatan Covid-19, terhadap dua pemangku jabatan di KPK, yakni jabatan Sekretaris (Sekjen) KPK yaitu Cahya Herdianto Harefa dan Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK yakni Pahala Nainggolan. Secara langsung pelantikan juga diikuti 53 perwakilan pegawai dan pejabat struktural di Gedung KPK untuk sementara pegawai lainnya dilantik dilantik secara daring.

Penulis : P. Sianturi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *