Home BERITA TERBARU PELAJAR JEPARA DAPAT REKOR MURI DALAL APEL ANTI NARKOBA

PELAJAR JEPARA DAPAT REKOR MURI DALAL APEL ANTI NARKOBA

260
0
Penyerahan Rekor Muri kepada Bupati Jepara Jawa Tengah

JEPARA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Sebanyak 20 ribu pelajar se-Kabupaten Jepara memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) di Gelora Bumi Kartini, Jepara, Rabu (24/1/2018).

Rekor ini untuk penulisan surat pernyataan komitmen antinarkoba oleh pelajar terbanyak. Penyerahan piagam penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) oleh Manajer MURI Sri Widayati kepada Bupati Jepara Ahmad Marzuqi di Gelora Bumi Kartini, Jepara, Rabu (24/1).

Puluhan ribu pelajar dari tingkat SMP dan SMA sederajat ini datang dari sekolah masing-masing ada yang menggunakan truk, bus dan mobil. Sebagian lagi berjalan kaki. Mereka menempati tribun stadion dan di tengah lapangan sepak bola kebanggaan warga Jepara.

Tampak beberapa spanduk dibentangkan. Dua di antaranya bertuliskan “Prestasi Yes, Narkoba No” dan “SMK Muhammadiyah Emoh Narkoba”.

Apel akbar Pelajar sekabupaten Jepara

Wakapolres Jepara, Kompol Aan Hardiansyah menuturkan bahwa deklarasi ini dilakukan setelah ada MoU antara Polres dan Disdikpora Kabupaten Jepara berkait muatan kurikulum pembelajaran antinarkoba.

Sri Widayati Manajer MURI mengatakan, rekor yang kali ini ditorehkan oleh pelajar Jepara menumbangkan rekor sebelumnya.

Yakni penulisan komitmen anti narkoba yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok di atas kain sepanjang 1.941 meter oleh 17 ribu pelajar.

“Penghargaan ini dianugerahkan oleh MURI kepada penyelenggara yaitu Polres Jepara dan Disdikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga) Kabupaten Jepara. Ini tercatat di MURI sebagai rekor ke-8.312,” kata Sri.

Surat pernyataan komitmen antinarkoba oleh pelajar, katanya, akan diabadikan MURI sebagai bukti otentik atas torehan rekor.

“Ini bukan rekor yang pertama yang diperoleh Jepara. Sebelumnya terdapat rekor MURI yang diperoleh Jepara yakni tenun motif nusantara terpanjang pada tahun 2017, mendongeng estafet di lokasi terbanyak, pembangunan poskamling terbanyak, mengamplas dengan peserta terbanyak, dan masih ada banyak lagi torehan rekor yang dipercahkan di Jepara,” terang Sri Widayati.

Dengan adanya rekor tersebut, Bupati Jepara berharap banyak dengan generasi penerus terutama pelajar agar tidak terjerumus ke dalam dunia kelam narkoba. Pasalnya, tumpuan masa depan bangsa ada pundak mereka.

“Oleh karena itu mari bersama-sama komitmen memerangi narkoba. Terutama pelajar sebagai generasi bangsa,” katanya.

Sementara Kapolres Jepara, AKBP Yudianto Adhi Nugroho mengatakan, perang terhadap narkoba tidak hanya menjadi tugas polisi saja.

Keterlibatan seluruh elemen untuk menyelamatkan generasi muda menjadi tanggung jawab bersama.

“Maka kami mendorong Pemkab Jepara untuk menyisipkan kurikulum antinarkoba pada pendidikan formal maupun pondok pesantren. Rupanya disambut baik oleh pemerintah,” katanya.

Berikut deklarasikan yang dibacakan ribuan pelajar ini:

Kami pelajar Kabupaten Jepara sebagai generasi muda harapan bangsa dengan ini berikrar:

  1. Berusaha sekuat tenaga untuk belajar giat dan berkarya berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menolak dengan tegas segala bentuk penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menghindarkan diri dari pengaruh narkoba dalam pergaulan dan mendorong terciptanya lingkungan yang bebas narkoba.
  4. Mendukung upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba untuk menciptakan kehidupan yang sehat aman damai dan sejahtera.
  5. Berupaya secara maksimal meraih prestasi sesuai potensi bakat dan minat tanpa pengaruh narkoba.

Jepara 24 Januari 2018

Salah seorang pelajar SMA 1 Jepara, Ahmad Faisal, mengaku tidak pernah mengenal yang namanya narkoba.

“Mungkin saya sudah  akrab karena sering disebut dan sering dikampanyakan antinarkoba. Tapi saya belum pernah lihat bentuknya seperti apa. Dengan adanya program itu, dapat memberikan pengetahuan seluk-beluk narkoba mulai bentuk, jenis dan bahayanya. Saya senang ikut deklarasi ini,” ucapnya.

Jurnalis: Bs/Akmal

Editor: Romy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here