Home DAERAH Pembangunan MCK Dinilai Kurang Tepat Sasaran

Pembangunan MCK Dinilai Kurang Tepat Sasaran

243
0

Kota Baru (Kalsel), Transparancy.com – Pembangunan MCK di Desa Rampa Kotabaru dinilai warga kurang mewakili kepentingan masyarakat banyak, pasalnya tiap rumah warga masing masing sudah mempunyai MCK.

Sedianya MCK yang dibangun di Desa Rampa Lama RT 13 Kelurahan Kotabaru Hulu tersebut kepentingan masyarakat sekitar, oleh warga hal tersebut kurang tepat sasaran karena rata-rata rumah mereka sudah mempunyai MCK sendiri.

“Pembangunannya sudah berjalan hampir 5 bulan dan sudah selesai, tapi bila tanpa dipasangi instlasi air dan listrik percuma juga, karena akhirnya tak bisa digunakan,” ungkap seorang warga.

Sementara warga lainnya, Salim menambahkan, daripada membangun MCK tersebut lebih baik dananya untuk membangun jalan atau betonisasi gang.

“Daripada warga menggunakan MCK Umum itu dengan berbayar, lebih baik mereka menggunakan MCK sendiri. Lagi pula, sebaiknya dana tersebut untuk membangun infrastruktur yang lain, bukan membangun MCK,” jelasnya.

Ketua RT 13 Desa Rampa Lama, Akhmad Riyadi mengaku tidak dilibatkan dalam hal pembangunan MCK tersebut, hanya sekedar mengetahui saja.

“Sangat disayangkan sampai saat ini belum ada tanda-tanda pemasangan instalasi air dan listrik, namun bila sudah terpasang nanti akan kita terapkan sumbangan sukarela untuk membayar bulanannya,” terang Akhmad.

Dikonfirmasi Kasi Drainase dan Limbah Dinas Cipta Karya Perumahan dan Pemukiman Kotabaru, Lindebora Hutasoit,S.ST, Senin (02/023/15) mengatakan, pemasangan instalasi listrik dan air sudah diajukan, tinggal menunggu proses pemasangannya saja.

“Pengelola MCK di Desa Rampa Lama itu belum terbentuk, kalau sudah terbentuk pasti akan kami serahkan ke pengelola. Hal itu agar MCK tersebut bisa digunakan masyarakat secara teratur,” ungkapnya.(Hasan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here