Home DAERAH PEMBUKAAN RAKOR PENANGGULANGAN ASAP

PEMBUKAAN RAKOR PENANGGULANGAN ASAP

239
0

WAGUB BUKA RAKOR PENANGGULANGAN ASAP

Kota Jambi, Transparancy.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar membuka Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Asap dan Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan di Provinsi Jambi, bertempat di Hotel Golden Harvest, Kamis malam (6/3).

Rapat Koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi ini mengusung tema “Tingkatkan Informasi dan Pemahaman Dampak Bencana Asap Menuju Indonesia Tangguh dan Jambi EMAS 2015.” Rakor ini diikuti oleh perwakilan dari BPBD, Dinas Kehutanan, dan Dinas Perkebunan se Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya, Wagub menjelaskan, dalam rangka mendukung tercapainya target pembangunan Pemerintah
Provinsi Jambi Tahun 2014 dalam bidang kebencanaan, diperlukan beberapa strategi atau langkah-langkah: pertama, Melaksanakan strategi pencegahan dan meningkatkan kesiapsiagaan, kedua, Menciptakan suasana tentram, tertib, dan aman di seluruh wilayah Provinsi Jambi, ketiga, Mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, keempat, Meningkatkan pembangunan infrastruktur untuk membuka keterisoliran serta konektivitas antar sentra-sentra produksi terutama pada masa bencana, kelima, Mengembangkan ekonomi rakyat, investasi, dan kepariwisataan pada daerah yang terkena bencana
serta mendorong ketahanan pangan dan sumber daya alam serta lingkungan hidup.

Wagub mengungkapkan, hal yang paling penting untuk disadari adalah bahwa pelaksanaan penanggulangan bencana asap dan pengendalian kebakaran lahan dan hutan pada umumnya tidak bisa dibatasi melalui wilayah administrasi saja, namuan merupakan upaya dan kerja keras, dan bukanlah tanggung jawab satu SKPD saja, melainkan tanggung jawab seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) dan masyarakat yang saling terkait, sehingga dampak bencana asap dari kebakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir.

Wagub menghimbau masyarakat agar tidak membuka lahan untuk bertani dengan cara membakar karena hal tersebut sering mengakibatkan kebakaran luas dan parah. Selain itu, Wagub juga menghimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, yang berpotensi menyebabkan kebakaran, termasuk kebakaran hutan dan lahan.

Ketua Panitia Pelaksana, Kepala BPBD Provinsi Jambi, M. Zubaedi, AR, dalam laporannya menyampaikan, Rakor ini sengaja dilakukan karena bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi saat ini. Zubaedi mengungkapkan, BPBD Provinsi Jambi telah membuat surat permohonan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk mengadakan hujan buatan, guna menanggulangi kabut asap.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pengukuhan Forum BPBD se Provinsi Jambi Masa Bakti 2013 – 2015 oleh Wagub(lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here