banner 728x250

Pemda Dorong Pembentukan Komite Ekonomi Kreatif di Kota Cirebon

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon fasilitasi pembentukan Komite Ekonomi Kreatif. Wadah ini diharapkan bisa menggandeng pelaku ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan warga Kota Cirebon.

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati, saat membuka Rapat Koordinasi Pelaku Ekonomi Kreatif dalam Rangka Pembentukan Komite Ekonomi Kreatif Kota Cirebon di salah satu hotel di Kota Cirebon, Kamis, (18/2/2021).

judul gambar

“Kalau ditanyakan wadah ini perlu, yes,” tegas Eti. Karena wadah ini nantinya yang akan menggairahkan perekonomian di Kota Cirebon dengan aktivitasnya masing-masing.

Dijelaskan Eti, masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung satu tahun telah mengubah pola dan kebiasaan hidup masyarakat. Menurutnya, banyak pula sektor yang terdampak pandemi Covid-19,” ungkap Eti. Salah satunya pariwisata.

Menurut Eti, sangat banyak pelaku industri pariwisata yang harus gulung tikar karena tidak sanggup bertahan di masa pandemi ini.

Untuk membangkitkan kembali sektor kepariwisataan di masa adaptasi kebiasaan baru ini, maka gerakan pemulihan ekonomi kreatif dilakukan.

“Kenapa ekonomi kreatif? Karena ini yang bisa bertahan di masa pandemi Covid-19 ini,” tegas Eti. Untuk itu, Pemda Kota Cirebon, dalam hal ini Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP), menginisiasi rapat koordinasi ekonomi kreatif. “Ini sebagai upaya awal Pemda Kota Cirebon untuk membangkitkan sektor ekonomi kreatif,” ungkap Eti.

Sementara itu Kepala DKOKP Kota Cirebon, Agus Suherman, menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini diikuti oleh 70 orang yang merupakan perwakilan dari 16 kelompok pelaku ekonomi kreatif di Kota Cirebon. Mulai dari pelaku seni, pelaku film, UMKM, dan usaha jasa lainnya. “Semua memiliki keterwakilan,” ungkap Agus.

Kedepannya, lanjut Agus, diharapkan forum ekonomi kreatif di Kota Cirebon bisa menggandeng semua komponen dan pelaku ekonomi. Sehingga usaha mereka bisa berkembang, setelah sempat terjatuh di masa pandemi Covid-19, dan kembali mengangkat kesejahteraan masyarakat Kota Cirebon.

Penulis: Acep
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *