Home NASIONAL Pemerintah Akan Bangun Pelabuhan Besar di Patimban, Subang

Pemerintah Akan Bangun Pelabuhan Besar di Patimban, Subang

250
0
Foto : Menhub Ignasius Jonan didampingi Seskab Pramono Anung dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan keterangan pers usai ratas, Senin (2/5), di Kantor Presiden, Jakarta.

Jakarta, Mediatransparancy.com – Pemerintah setuju adanya pembangunan satu pelabuhan besar atau pelabuhan utama di wilayah pantai utara Jawa Barat. Salah satu opsinya yaitu di daerah Patimban, Kabupaten Subang, yang dijadikan opsi pengganti Cilamaya yang dinilai berpotensi mengganggu infrastruktur migas dan yang lain-lainnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengatakan, pelabuhan yang mungkin akan dibangun di daerah Patimban itu kapasitasnya diusulkan sekitar 7,5 juta TEUs, plus kira-kira 250.000 mobil.

“Jadi ini ada terminal kendaraan, ya kalau terminal kendaraan itu kira-kira 4 kali dari kapasitas kalau dalam bentuk kontainer, karena kendaraan itu biasanya tidak bisa ditumpuk,” kata Jonan kepada wartawan, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (2/5) petang.

Ia menyebutkan, apabila disetujui rencana pembangunan Pelabuhan Patimban itu akan menggunakan skema pembiayaan antar pemerintah. Rencana pembangunannya dimulai kira-kira awal 2017, dan 2019 bisa mulai pengoperasian tahap I.

“Tadi Pak Seskab juga menyebutkan. Untuk kapasitasnya sekitar 250.000 kendaraan karena ini kendaraan terminal mobil ini penting, dan juga sekitar 1,5 juta TEUs untuk pertama kali dari 7,5 TEUs,” jelas Jonan.

Menhub mengungkapkan yang paling utama adalah pemerintah mendorong juga adanya ekpsor yang besar. Ia mengatakan, sekarang sudah ada kompleks industrialisasi yang besar di Jawa Barat. Namun pelabuhannya tidak cukup walaupun ada ekspansi dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Jadi, ini kalau ditanya apakah ini bersaing nggak dengan Tanjung Priok, Menhub Ignasius Jonan mengatakan, kalau bisnis ya kalau dekat-dekat ya bersaing. “Tapi ini kan kapasitasnya di kemudian hari juga kan tumbuh terus. Kalau di daerah DKI dan sekitarnya, Jabodetabek saya kira pasti ke Tanjung Priok. Tapi kalau ke daerah Karawang, Cikarang, dan daerah Jawa Barat lain, saya kira akan ke pelabuhan yang akan dibangun itu,” ujarnya.(humas setkab-RI).

Editor : Chris Muryat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here