Home BERITA TERBARU Pemerintah Desa Candimas Laksanakan musyawarah Desa Guna Menyatukan DTKS

Pemerintah Desa Candimas Laksanakan musyawarah Desa Guna Menyatukan DTKS

239
0

LAMPUNG UTARA, MEDIA TRANSPARANCY- Sehubungan akan di adakannya Finalisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS NG) Pemerintah Desa Candimas, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melaksanakan kegiatan musyawarah desa. Kegiatan musyawarah tersebut berlangsung di Aula Kantor Desa setempat sekitar pukul 13 :30 WIB, Rabu (24/06/2020).

Kegiatan musyawarah desa di pimpin langsung oleh Kades Candimas, dan di hadiri oleh Ketua BPD dan perangkat desa, Operator SIKS NG, TKSK, Kecamatan, pendamping lokal desa P3MD, Bhabinkamtibmas, Babinsa beserta seluruh kadus dan RT serta tokoh masyarakat desa setempat turut hadir dalam musyawarah tersebut.

Kepala Desa (Kades) Candimas mengatakan, kegiatan musyawarah ini guna menyatukan data finalisasi DTKS melalui aplikasi SIKS NG yang akan di ajukan ke dinas sosial kabupaten lampung utara agar dapat di ajukan langsung ke Kementerian Sosial Pusat. Karena berdasarkan data yang berhasil di catat warga desa candimas yang mendapatkan BPNT dari kementerian Sosial berjumlah 214 orang, PKH 122 orang, bantuan pusat 96 orang dan warga yang mendapatkan BLT DD berjumlah 157 orang warga, jadi warga desa candimas yang mendapatkan bantuan sosial kurang lebih berjumlah 589 KK dari 1300 KK, tutur Kades Zaenal

Kades Candimas berharap kepada Dinas Sosial di tingkat II ataupun Pusat agar dapat turun ke lapangan supaya dapat mengetahui situasi dan kondisi yang sebenarnya, pasalnya penerima mamfaat bantuan dari dinas sosial banyak terjadi tidak tepat sasaran, sebab fakta di lapangan banyak warga yang semestinya lebih layak untuk mendapatkan bantuan tersebut namun kenyataan yang sesungguhnya di lapangan masih banyak warga pra sejahtera yang tidak mendapatkan bantuan tersebut. Ungkap Zaenal

Karena dengan tidak tepatnya penyaluran bantuan dari kementerian sosial melalui masing – masing dinas sosial di setiap daerah menjadi acuan dan beban kepala desa, pasalnya tidak jarang asumsi masyarakat bahwasannya kepala desa sebagai garda terdepan pemerintah tebang pilih dalam menyalurkan bantuan dari dinas sosial dan kementerian sosial pusat. Pungkas Candimas Kades Zainal abidin.

Penulis : Sis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here