Home BERITA TERBARU PEMKOT JAMBI AJUKAN 10 HALTE DAN 15 BUS KE KEMENTERIAN JAMBI

PEMKOT JAMBI AJUKAN 10 HALTE DAN 15 BUS KE KEMENTERIAN JAMBI

239
0

KOTA JAMBI, MEDIATRANSPARANCY – Pemerintah Kota Jambi berencana membangun transportasi massal. Tahun ini pemerintah telah mempersiapkan kajian koridor yang akan dilewati transportasi massal tersebut. Selain itu juga Mulai mempersiapkan pembangunan halte.

“Direncanakan 33 titik menggunakan dana bantuan dari CSR, saat ini baru Angkasa Pura II yang membangun sebanyak 2 halte,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Shaleh Ridho, Selasa, (27/2).

Dikatakan Shaleh Ridho bahwa nantinya angkutan kota akan dijadikan sebagai umpan (feeder). Angkutan kota akan menjemput warga di wilayah pemukiman, lalu setibanya di jalur protokol bisa langsung naik bus sarana angkutan umum (SAUM).

“Tahun ini kita kaji juga biaya operasional kendaraan (BOK),” ujarnya.

Dia mengatakan, selain dibangun dengan dana CSR, pemerintah Kota Jambi juga telah mengajukan 10 Halte ke Kementerian Perhubungan.

“Selain mengajukan halte, kami juga mengajukan bantuan bus sebanyak 15 unit,” katanya saat penyerahan halte dari PT AP II di Talang Bankung, Kecamatan Pal Merah.

Shaleh berharap tahun ini dapat menyelesaikan sebanyak 20 halte untuk transportasi massal tersebut. Sehingga pada tahun 2019 transportasi massal tersebut dapat langsung dinikmati oleh masyarakat umum.

“Kami juga akan koordinasi dengan bagian perekonomian, siapa saja pihak swasta yang ingin berkontribusi bangun halte ini,” katanya.

Sementara itu Direktur Keuangan PT AP II, Andra Y Agussalam mengatakan bahwa penumpang di Bandara Sultan Thaha Jambi setiap tahun terus meningkat. Berdasarkan data tahun 2015, PT AP II telah mengangkut 1,1 juta penumpang melalui Bandara Jambi. Jumlah tersebut terus meningkat. Di tahun 2017, PT AP II telah mengangkut sebanyak 1,7 juta penumpang. “Jadi ada peningkatan sekitar 50 persen lebih, itu sangat signifikan,” katanya.

Selain penumpang, pengiriman barang dalam bentuk kargo juga meningkat. Tercatat, tahun 2015, jumlah kargo yang diangkut melalui Bandara Jambi sebanyak 6 juta ton. Sementara di tahun 2017 meningkat menjadi 9,1 juta ton.

“Artinya pertumbuhan ekonomi di Jambi sangat baik, kita berharap seperti itu seterusnya,” tambahnya.

Ia pun berharap keberadaan PT AP II di Jambi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Jambi, terutama masyarakat yang tinggal disekitar bandara. Oleh karena itu dirinya berharap dengan keberadaan halte yang telah dibangun tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik. “Itu adalah salah satu bentuk sumbangsih kami untuk masyarakat, semoga bermanfaat,” katanya.

Jurnalis: Lia/hms

Editor: Romy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here