Home BERITA TERBARU Pendaftar Menurun, Ribuan Calon Jamaah Haji Tunggu Kepastian Pemberangkatan

Pendaftar Menurun, Ribuan Calon Jamaah Haji Tunggu Kepastian Pemberangkatan

107
0

KAB. CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Pada masa pandemi Covid-19 saat ini angka pendaftar keberangkatan ibadah haji di Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat mengalami penurunan. Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon, H. Khidir, M. Ag menyebutkan kini hanya sekira 4 ribuan pendaftar.

“Biasanya 7 ribu hingga 8 ribu pendaftar, pada musim ini berkurang hanya di angka 4 ribuan, tentunya imbas pandemi Covid-19,” jelas Khidir, Kamis (17/1/2021).

Disebutkannya, tercatat 62.800 calon jamaah haji dari Kab. Cirebon, angka tersebut dari jumlah calon jamaah haji 48 ribu se Indonesia belum berangkat.

“Dimana, secara umum antrian waktu menunggu keberangkatannya sudah mencapai 25 tahun,” ungkapnya.

Ketika disinggung terkait penyelangaaraan ibadah haji tahun 2021 ini, Khidir mengaku hingga kini pihaknya masih menunggu informasi resmi dari pemerintah pusat dan juga pemerintahan Arab Saudi.

“Karena sampai saat ini pandemi Covid-19 masih mewabah. Namun demikian kita yang ada di daerah tetap masih menunggu instruksi atau informasi resmi dari pemerintah,” paparnya.

Namun demikian, berbagai persiapan tetap dilakukan pihaknya. Salah satunya terkait masalah paspor yang sudah habis masa berlakunya (expired).

“Antisipasi kami barangkali Covid tahun ini hilang, tetap dilakukan pengecekan paspor jamaah haji yang expired. Hal tersebut dilakukan merujuk pada surat dari Dirjen PHU,” ucapnya.

Beberapa kemungkinan yang akan terjadi, masih kata Khidir, pemerintah sudah menyiapkan skema. Meliputi, manakala Covid-19 dinyatakan hilang, maka seluruh jamaah yang sebelumnya tertunda akan diberangkatkan.

Penulis: Acep

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here