Home KESEHATAN Peneliti Menemukan Sebuah Pertanda Baru Untuk Kanker Darah

Peneliti Menemukan Sebuah Pertanda Baru Untuk Kanker Darah

215
0
Penelitian yang dipublikasikan di the New England Journal of Medicine

Mediatransparancy.com – Dua buah kelompok peneliti secara tidak sengaja mengemukakan bahwa beberapa orang ternyata memiliki pertanda di dalam darah mereka yang dapat meningkatkan risiko mereka terkena kanker darah (leukemia) dan limfoma. Dua buah penelitian yang dipublikasikan di the New England Journal of Medicine minggu lalu mengungkapkan bahwa suatu jenis mutasi yang tidak ada sewaktu seseorang lahir namun timbul saat orang tersebut bertambah usia yang dinamkan sebagai “Somatic Mutation” dapat menjadi pertanda kanker darah.

Para peneliti ini dapat menunjukkan bahwa orang-orang dengan “Somatic Mutation” di dalam DNA darah mereka ternyata meningkatkan risiko mereka untuk terkena kanker darah hingga 10 kali dibandingkan dengan orang-orang yang tidak memiliki kelainan DNA ini. Orang-orang yang memiliki mutasi ini juga memiliki 5 % risiko untuk terjadinya kanker dalam waktu 5 tahun setelah dilakukan pemeriksaan DNA mereka.

Penemuan ini ditemukan oleh peneliti di MIT, Harvard Medical School dan rumah sakit Harvard. Karena penemuan ini merupakan penemuan tahap awal yang sebenarnya tiak sengaja ditemukan, para peneliti berharap dalam kedepannya akan dilakukan penelitian lanjutan untuk memastikan hal ini yang nantinya dapat berguna untuk dunia kesehatan. Ditulis oleh:dr. Dewi Ema Anindia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here