Home DAERAH Pengukuhan KOMDA LANSIA Kabupaten Tebo

Pengukuhan KOMDA LANSIA Kabupaten Tebo

421
0

WAGUB HIMBAU SELURUH ELEMEN MASYARAKAT TINGKATKAN KEPEDULIAN KEPADA LANSIA

Kab. Tebo, Transparancy.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi selaku Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Provinsi Jambi menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kepedulian kepada kaum lanjut usia. Himbauan tersebut dikemukakan oleh Wagub dalam Pengukuhan Pengurus Komda Lansia Kabupaten Tebo dan Pembukaan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Komda Lansia Kabupaten Tebo Tahun 2014, bertempat di Aula Pendopo Rumah Dinas Bupati Tebo, Rabu siang (30/4).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Jambi selaku Ketua Komda Lansia Provinsi Jambi mengukuhkan pengurus Komda Lansia Kabupaten Tebo. Wagub mengungkapkan, warga yang lanjut usia dengan kapasitasnya sebagai penduduk senior, memiliki kebijakan dan kearifan serta pengetahuan berharga, yang dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus, dan oleh karenanya, pemerintah membangun sistem kehidupan berbangsa selalu menghargai peran serta lansia.

Wagub mengatakan, penanganan permasalahan lanjut usia dapat dilakukan melalui budaya dan nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat, salah satunya melalui kepedulian keluarga terhadap anggota keluarganya yang sudah memasuki usia lanjut. “Keluarga yang mempunyai anggota yang lanjut usia, wajib belajar untuk melayani anggota keluarganya yang telah lanjut usia. Sebab, tempat yang paling mulia bagi lansia adalah di dalam keluarga,” ujar Wagub.

Mengenai perhatian pemerintah terhadap lansia, Wagub menyatakan bahwa perhatian tersebut telah diwujudkan dengan telah dibentuknya Komda Lansia, sebagai wadah dalam mengakomodir segala sesuatu yang berkaitan dengan Lansia.”Melalui Komda Lansia diharapkan pemerintah daerah melalui SKPD terkait berkomitmen bekerja dengan maksimal dalam upaya meningkatkan kepedulian dan pelayanan terhadap para lanjut usia khususnya lansia terlantar,” himbau Wagub.

Wagub juga mengatakan bahwa secara perlahan-lahan, telah diusahakan fasilitas umum yang peruntukannya untuk lansia, misalnya jalan khusus lansia di rumah sakit. Wakil Bupati Tebo, selaku Ketua Komda Lansia Kabupaten Tebo, Hamdi, dalam sambutannya menegaskan bahwa lanjut usia bukan berarti berhenti berkarya, oleh karena itu, keberadaan lansia mempunyai arti penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Wagub, Hamdi menekankan kepedulian kepada lansia, bukan hanya kepedulaian dari pemerintah, tetapi juga dari swasta dan masyarakat umum. Hamdi berharap agar dari sisi anggaran, lansia diperhatikan. Dikatakan oleh Hamdi, pembentukan Komda Lansia didasarkan pada UU No.13 Tahun 1998, supaya ada wadah yang manangani lansia. “UU itu tidak hanya memmbangun secara fisik, tapi juga secara spirit,” ujar Hamdi.

Ketua Panitia, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tebo, Drs. Alfi Rinaldi, MM dalam laporannya pada intinya menyampaikan bahwa acara ini merupakan bentuk upaya pemerintah dalam memberikan perhatian kepada masyarakat lanjut usia. Usai penyampaian sambutan-sambutan, dilakukan penyerahan bantuan kepada perwakilan lansia Kabupaten Tebo dari Ketua Komda Lansia Tebo. Turut hadir dalam acara tersebut, para pejabat terkait dari Pemerintah Kabupaten Tebo, seluruh camat se Kabupaten Tebo, serta para undangan lainnya. (lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here