banner 728x250

Perjalanan Lebih Singkat, KAI Daop 3 Cirebon Berlakukan Gapeka 2021

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Sebagian jadwal Kereta Api (KA) mengalami perubahan jadwal keberangkatan mulai 10 Februari mendatang. Hal ini dikarenakan KAI Daop 3 Cirebon mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021. Demikian disampaikan Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Jumat (5/2/2021).

“Penetapan Gapeka 2021 ini untuk menggantikan Gapeka 2019 yang sebelumnya digunakan oleh KAI Daop 3 Cirebon,” kata Suprapto.

judul gambar

Ia menjelaskan, grafik perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

“Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2021 adalah efisiensi waktu perjalanan KA. Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka waktu tempuh perjalanan KA penumpang dan barang menjadi lebih singkat,” ujarnya.

Suprapto mencontohkan, KA Argo Cirebon / KA 15 relasi Cirebon – Gambir yang perjalanannya ditempuh lebih singkat 5 menit, dari sebelumnya 3 jam 19 menit menjadi 3 jam 14 menit.

Dikatakannya, perbandingan jumlah perjalanan KA Penumpang KAI di wilayah Daop 3 Cirebon antara Gapeka lama dan Gapeka yang baru adalah pada Gapeka 2019 berjumlah 133 perjalanan KA, dan di Gapeka 2021 berjumlah 117 perjalanan KA.

“Kami berharap dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, pelanggan kereta api akan semakin meningkat karena banyak dilakukan inovasi, peningkatan serta perbaikan, seperti waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan lintas baru dan lainnya,” tutup Suprapto.

Penulis: Acep
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *