Home DAERAH PERTUMBUHAN EKONOMI JAMBI CUKUP MENGGEMBIRAKAN

PERTUMBUHAN EKONOMI JAMBI CUKUP MENGGEMBIRAKAN

296
0

Jambi, Transparancy.com – Dalam kurun tiga tahun terakhir ini, Provinsi Jambi telah menunjukan kemajuan yang cukup menggembirakan. Hal ini tergambar dari beberapa indikator makro pembangunan, seperti pertumbuhan ekonomi jambi mencapai 7,88 persen pada tahun 2013. Hal tersebut dikatakan Gubernur Jambi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum H.Hamdani, SE,MM saat menerima kunjungana kerja staf Ahli se-Provinsi Jawa Tengah bertempat di Aula Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Rabu (4/6-14).

Dikatakan Gubernur, peningkatan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi juga diikuti dengan turunnya angka kemiskinan yang mencapai 8,02 persen pada September 2013 dan penurunan angka pengangguran mencapai 4,84 persen pada Agustus 2013 dengan IPM mencapai 73,3. Investasi tumbuh mencapai 11,5 persen, diatas angka investasi nasional yang tumbuh besar 10,8 persen. ”Ini suatu angkayang sangat menggembirakan bagi Pemerintah Provinsi Jambi,” kata Gubernur dalamsambutan tertulisnya tersebut yang dibacakan oleh Asisten III H. Hamdani.

Dikatakan Gubernur, berbagai keberhasilan yang telah dicapai tidak terlepas dari program dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Dalam membangun Provinsi Jambi tersebut, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Provinsi Jambi, 2010-2015, dengan Visi Jambi yang Ekonominya Maju Aman Adil dan Sejahtera atau Jambi EMAS, Pemerintah Provinsi Jambi telah memprioritaskan program pembangunan pada Pertama, Peningkatan Infrastruktur Wilayah dan pelayanan Umum. Kedua, Meningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan serta Sosial budaya. tiga, Pengembangan Ekonomi Rakyat, investasi dan kepariwisataan. Empat, Ketahanan pangan dan sumberdaya alam serta Lingkungan Hidup. Kelima, Penataan tata pemerintahan yang baik.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Jambi melalui Asisten III juga menyampaikan ucapan selamat datang di Provinsi Jambi atau di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah kepada para Staf Ahli Kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota se- Jawa Tengah yang telah meluangkan waktu dan meringankan langkah untuk berkunjung ditengah kesibukan sebagai abdi negara dan abdi
masyarakat. ”Semoga pertemuan ini dapat memberikan warna dan corak terhadap roda pemerintahan dan pembangunan baik di Provinsi Jambi maupun Provinsi Jawa Tengah,” ucap Gubernur.

Pada kesempatan ini juga ketua Rombongan Staf Ahli se-Jawa Tengah Joko Mardianto.SH,MH menjelaskan bahwa tujuan kunjungan kerja ini adalah dalam rangka silaturrahmi dan studi banding dalam rangka penguatan kapasitas, fungsi dan peran staf ahli kepala daerah. Jumlah peserta yang turut dalam rombongan ini adalah 80 orang yang terdiri dari Staff ahli
Gubernur/Bupati/Walikota se-Provinsi Jawa Tengah. “ Kami sangat berterima kasih sekali terhadap Pemerintah Provinsi Jambi serta Pemerintah Kota Jambi atas sambutan dan layanannya yang sangat baik. Dan kami merasa sangat tersanjung sekali selama di Jambi,” tutur Joko.

Sementara itu, dalam pertemuan dengan para Staf Ahli se-Provinsi Jawa Tengah tersebut, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan Fauzi Syam, SH, MH memaparkan secara global kondisi struktur pemerintahan Provinsi Jambi yang sedang dalam giat-giatnya melaksanakan pembangunan seperti infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan masyarakat serta bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu yang tergabung dalam program Samisake (Satu Milyar Satu Kecamatan) yang juga merupakan program andalan Pemerintah Provinsi Jambi.

Selain itu juga dihadapan rombongan para Staf Ahli se-Provinsi Jawa Tengah tersebut, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Hukum dan Politik Ir. Husni Djamal turut menjelaskan dan menyampaikan bahwa Provinsi Jambi merupakan termasuk salah satu kota yang teraman di Indonesia.Turut hadir pada kesempatan ini serta para Staf Ahli Gubernur Jambi, para Kepala SKPD Provinsi Jambi serta para undangan lainnya. (hms/lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here