Home HUKUM Petugas Sipir Lengah, Seorang Tahanan Seumur Hidup Kabur dari Tahanan Salemba.

Petugas Sipir Lengah, Seorang Tahanan Seumur Hidup Kabur dari Tahanan Salemba.

184
0
foto: ilustrsi tahan kabur dari bui

Jakarta, Mediatransparancy.com – Kapolsek Cempaka Putih Kompol Iwan Gunawan membenarkan adanya narapidana (napi) yang kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Salemba pada momentum Lebaran kedua, Kamis 7 Juli 2016.

Napi bernama Anwar bin Kiman itu berhasil kabur memanfaatkan waktu jam besuk‎, dengan bantuan sang istri, Ade Irma (24).

“Istri itu awalnya datang bersama anaknya untuk menjenguk sang suami di rutan. Tapi sipir rutan tak memeriksa isi bawaan Ade itu,” kata Iwan, kemarin.

Iwan menjelaskan, dugaan sementara petugas sipir lengah karena sedang Lebaran hingga tak memeriksa bawaan Ade. Padahal, saat menjenguk Anwar, Ade membawa kue khas Lebaran dan pakaian berupa jilbab serta baju gamis.

“Tapi dia bisa masuk dengan ke dalam tanpa diawasi sama sekali. ‎Setelah bertemu dengan Anwar, keduanya langsung bercengkrama di ruang khusus pembesuk,” urainya.

Lebih lanjut Iwan menuturkan, usai menjenguk suaminya, Ade langsung pulang bersama sang anak yang masih bayi itu. Namun meninggalkan baju gamis dan jilbabnya.

“‎Saat sudah Magrib, Anwar berpura-pura Salat dengan menggunakan jilbab. Selanjutnya, dia malah kabur lewat pintu‎ depan. Mirisnya, pelaku lewat pintu penjagaan dan tidak diperiksa oleh sang sipir. Jadi yang bersangkutan nyelonong keluar begitu aja,” ujar Iwan.

Saat jam besuk telah selesai, seluruh tahanan di Blok P tempat Anwar ditahan dikumpulkan. Setelah dicek, ternyata napi kasus pencabulan itu tak ada di tempatnya. Seluruh sipir langsung panik saat Anwar kabur hingga pukul 22.00 WIB.

“Sontak seluruh sipir panik ketika tak menemukan tahanan kasus pencabulan yang sudah divonis seumur hidup itu kabur,” kata Iwan.

Pihak kepolisian pun saat ini masih mengejar Anwar yang diduga kabur ke kawasan Jawa Barat. Sementara istrinya masih diperiksa dan telah ditetapkan tersangka

Penulis: Aloysius Tedi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here