Home BOLA Piala Eropa 2016, Gegap-Gempita Perancis Dibawah Ancaman Teror

Piala Eropa 2016, Gegap-Gempita Perancis Dibawah Ancaman Teror

238
0
Foto : iLustrasi

Jakarta, Mediatransparancy.com – Raksasa bola di Benua Eropa sebentar lagi akan unjuk kebolehan untuk merebut supremasi kekuatan Eropa di kancah olah raga Sepak Bola atau yang terkenal dengan sebutan Piala Eropa.

Piala Eropa 2016 memang baru akan mulai digelar 10 Juni mendatang. Tapi, turnamen kontinental negara-negara Eropa edisi kali ini pantas disebut sebagai Piala Eropa yang akan sulit dilupakan.

Setiap gelaran piala eropa selalu ada kenangan dan kejadian yang sulit dilupakan, mulai dari pelatih, pemain dan suporter yang akan membuat penikmat piala eropa akan kagum dan kadang membencinya.piala_eropa01

Contoh gelaran piala eropa yang salalu kita ingat seperti final 1976, gol tendangan voli Marco van Basten di final 1988, cerita dongeng Denmark di Piala Eropa 1992, gol emas Olivier Bierhoff di 1996, hingga ke kemenangan mengejutkan Yunani.

Untuk Piala Eropa 2016, kenangan sudah tercipta sebelum turnamen berlangsung. Apa penyebabnya? Setidaknya ada tiga hal yang bisa membuat Piala Eropa 2016 salah satu turnamen yang sulit dilupakan meski belum bergulir.

Pertama adalah ancaman keamanan di Perancis yang menjadi tuan rumah. Ya, Piala Eropa 2016 akan digelar dalam bawah bayang-bayang ancaman teror menyusul sejumlah serangan yang terjadi sepanjang 2015.

Ini adalah kali pertama dalam sejarah modern sepak bola ajang Piala Eropa berada di bawah ancaman teror. Terakhir pihak Amerika Serikat mengklaim Perancis bisa mendapat serangan teror ketika Piala Eropa 2016 berlangsung pada 10 Juni hingga 10 Juli 2016.

Amerika Serikat sangat jarang mengeluarkan peringatan keamanan untuk negara-negara Eropa. Ini adalah kali ketiga dalam 20 tahun terakhir Negeri Paman Sam tersebut melakukannya.

Diprediksi akan ada 2,5 juta orang yang menyaksikan langsung Piala Eropa 2016 di Perancis, dengan 1 juta di antaranya turis asing. Untuk memberikan jaminan keamanan, pemerintah Perancis akan mengerahkan 90 ribu petugas keamanan sepanjang Piala Eropa 2016 berlangsung.

Sejumlah negara Eropa, seperti Inggris, juga telah meminta warganya yang akan menyaksikan Piala Eropa 2016 di Perancis untuk berhati-hati terhadap ancaman teror.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here