Home DAERAH Pj. Gubernur Harap Pendidikan Pramuka Beri Kontribusi Nyata Bagi Bangsa

Pj. Gubernur Harap Pendidikan Pramuka Beri Kontribusi Nyata Bagi Bangsa

244
0

Sarolangun, Mediatransparancy.com –¬†Pejabat (Pj) Gubernur Jambi Dr. Ir. H. Irman, Msi mengharapkan¬†mengharapkan, pendidikan Pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, harapan demikian disampaikannya saat menjadi Inspektur upacara Hari Pramuka ke 54 Tahun 2015 Tingkat Kwarda Jambi yang diselenggarakan di Kwarcab Sarolangun, bertempat dilapangan Komlek Perkantoran Gunung Kembang Sarolangun, Selasa (25/08/2015).

Dalam sambutan dan arahannya Pj. Gubernur Irman menyampaikan, gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal yang bertujuan untuk membentuk generasi muda berkarakter serta menanamkan semagat kebangsaan dan membekali ketrampilan yang kelak bisa menjadi bekal hidup.” karena kaum muda merupakan bagian terbesar penduduk Indonesia yang harus kita selamat kan dari berbagai cegraman masalah, diantaranya masalah sosial dan kebangsaan, masalah sosial maraknya generasi muda terpengaruh narkoba, dan masalah kebangsaan kurangnya rasa persatuan dan kesatuan dengan berdampak rendahnya semagat bela negara.” jelasnya

Dikatakan Pj. Gubernur, gerakan ¬†Pramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan, pada tahun 1961 oleh bung Karno ditujukan untuk dapat menjadi perekat bangsa.” Organisasi Pramuka sebagai pemersatu generasi muda dalam mengisi pembangunan dan pemersatu generasi kaum muda,” ungkapnya

Menurut Pj. Gubernur gerakan Pramuka yang banyak peluang memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia khususnya kaum muda yang berkarakter kelak mampu menjadi pemimpin bangsa Indonesia yang lebih baik. Selain itu Pj. Gubernur juga memberikan penghargaan kepada pengurus dan pelaksana kwarda yang berprestasi.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Sarolangun Pahrul Rozi menyampaikan, Pramuka suatu sistim pendidikan generasi muda yang bertujuan kemandirian generasi muda untuk bisa menghadapi tantangan dimasa depan.”Tujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang mandiri dan bertanggung jawab.” jelasnya Kegiatan Pramuka merupakan kegiatan kaum muda dalam membentuk jati diri sebagai cikal bakal pemimpin dimasa mendatang.

Selain itu Ketua Kwartir Daerah Jambi sebagai Pelaksana H. Sutrisno menyampaikan, kehadiran Pramuka dimasyarakat sangat bermanfaat bagi suatu daerah karna anggota begitu banyak, ” apabila Pramuka bersatu dalam melakukan suatu kegiatan sosial akan cepat terbantu.” jelasnya.

Tujuan dilaksanakan pembinaan kaum muda agar memiliki wawasan ketrampilan, kecakapan hidup, mandiri, berakhlaq dan berbudi perkerti luhur sejak disahkan 54 tahun yang lalu,” sudahtumbuh berkembang menjadi organisasi yang besar dan memiliki peran yang penting bagi bangsa dan negara.” tuturnya

Dikatakan Sutrisno, upaya yang dilakukan oleh Kwatir daerah jambi untuk mencetak kaum muda untuk menjadi kader-kader pemimpin masa depan melalui berbagai kegiatan dan berbagai capaian yang telah dilakukan.

Selain itu Ketua Kwatir daerah jambi Sutrisno juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah mengalokasikan anggaran untuk kwartir Daerah gerakan Pramuka Jambi melalui APBD tahun 2014 dan Tahun 2015, serta ucapan yang sama seluruh unsur forkompimda provinsi jambi dan seluruh yang telah membantu dan kerjasama selama ini membantu gerakan Pramuka Jambi.

Kedatangan Pj Gubernur berserta kepala SKPD terkait disambut Wakil Bupati Sarolangun Pahrul Rozi berserta unsur Forkompimda Kabupaten Sarolangun dan para Kepala SKPD Kabupaten Sarolangun dirumah dinas Bupati Sarolangun dengan tarian sekapur sirih.(lia/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here