Home DAERAH Polsek Kota Bungo Berjanji Segera Menangkap Pelaku Karhutla

Polsek Kota Bungo Berjanji Segera Menangkap Pelaku Karhutla

433
0
Foto : Petugas Damkar dan TNI serta Polisi menjinakkan api di lahan.

Muara Bungo, Mediatransparancy.com – Kebakaran lahan terjadi lagi di kabupaten Bungo, pada saat ini api kembali melahap lahan milik warga di SKB Kecamatan Bathin III. Dengan demikian, untuk memadamkan api, Pemadam kebakaran Kabupaten Bungo mengerahkan satu unit armada dan puluhan personil yang bekerjasama dengan TNI dan Polri.TNI DAN POLRI

Arpan Tuyani selaku Kepala Unit Pelayanan Tekhnis (UPTB) pemadam kebakaran kabupaten bungo mengatakan, “Kebakaran tersebut bersumber dari tumpukan sampah yang barangkali sengaja di bakar oleh warga, sehingga merambah ke lahan seluas lebih kurang satu hektar” ujar nya.

Sementara itu, selama bulan agustus 2016, Pemadam Kebakaran Kabupaten Bungo telah memadamkan 8 kejadian kebakaran, diantaranya satu unit rumah di Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal dan 7 kejadian lainnya adalah kebakaran lahan.

Selain itu Arpan Tuyani juga menambahkan, “Kasus kebakaran pada tahun 2016 ini relative menurun hingga 400% dibandingkan kebakaran yang terjadi pada tahun 2015 lalu.”

Namun sangat disayangkan, sejauh ini pihak penegak hukum di Kabupaten Bungo belum berhasil menangkap pelaku pembakaran hutan maupun lahan yang terjadi di berbagai wilayah.

Padahal, undang – undang Nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan, pasal 50 ayat (3) huruf d, telah tegas menyebutkan, Barang Siapa Dengan Sengaja Melanggar Undang – Undang tersebut, maka diancam dengan Pidana Penjara Paling Lama 15 (Lima Belas) Tahun/ Dan Denda Paling Banyak Rp.5.000.000.000,00 (Lima Milyar Rupiah).

Dengan demikian, Kapolsek Kota Bungo Iptu Reska Anugras melalui Ipda Sadi Durahman selaku kanit Binmas Polsek Kota, bertekat akan menangkap pelaku pembakaran hutan.

“Jika kita menemukan pelaku pembakaran hutan baik itu disengaja maupun tidak, maka kita akan melakukan pemanggilan atau menangkap secara paksa, jika sudah memenuhi unsur penangkapannya,” pungkas Ipda Sadi Rahman.

Penulis: Kurnia/ Almen.M
Editor : Dian Kristina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here