Home Berita Terbaru Pontren Tarbiyah Islamiyah Tanjung Agung Gelar Uji Kompetensi Kitab Kuning

Pontren Tarbiyah Islamiyah Tanjung Agung Gelar Uji Kompetensi Kitab Kuning

250
0

MUARA BUNGO, MEDIATRANSPARANCY.COMPondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Tanjung Agung yang merupakan pondok pesantren tertua di Kabupaten Bungo dan telah berhasil melahirkan ribuan santri yang berkualitas,  bahkan alumni Pondok Pesantren ini pun telah berkiprah di tengah masyarakat dengan berbagai profesi.

Dengan demikian, untuk meningkatkan kwalitas terhadap santri dan calon alumni, sehingga bisa berperan aktif ditengah-tengah masyarakat luas, maka Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Tanjung Agung menerapkan pola terbaru, yakni menggelar Uji Kompetensi Kitab Kuning terhadap santri kelas III Aliyah, saat pelaksanaan uji kompetensi ini para orang tua santri diwajibkan untuk hadir dan menyaksikannya.

Ajidan, selaku Kepala Madrasah menyampaikan, mulai berdiri hingga saat ini dan seterusnya, Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Tanjung Agung ini tetap melaksanakan kurikulum Kitab Kuning dan ditambah dengan Kurikulum 13 sesuai dengan program Kementrian Agama.

“Mulai berdiri lebih kurang 20 tahun lalu, pondok pesantren ini telah melaksanakan kurikulum kitab kuning serta program pembelajaran yang telah disesuaikan oleh kementrian agama” Ujarnya (05/04).

Ajidan juga menambahkan, dengan adanya uji kompetensi Kitab Kuning ini, maka bisa meningkatkan motivasi terhadap para santri untuk mempelajari Kitab Kuning dan meningkatkan pemahamannya terhadap hukum-hukum Islam.

“Dengan adanya uji kompetensi kitab kuning ini, maka diharapkan bisa meningkatkan motivasi para santri  untuk mempelajari dan memahami kitab kuning yang didalamnya terkandung ajaran dan hukum-hukum Islam” tutupnya.

Selain menerapkan uji kompetensi Kitab Kuning terhadap para santri kelas III Aliyah, pada tahun 2017 ini Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Tanjung Agung juga menerapkan program Khitmatul Ummah (Pengabdian Terhadap Masyarakat). Dengan harapan diterapnya program ini, maka tergerak hati masyarakat untuk mendidik anaknya dijalur agama.

PENULIS: KURNIA/ ALMEN.M

 

alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here