Home BERITA TERBARU POTTLOT BERSAMA LINTAS DAERAH DAN SEKTORAL KARANGANYAR GELAR AKSI PEDULI PENANGGULANGAN BENCANA

POTTLOT BERSAMA LINTAS DAERAH DAN SEKTORAL KARANGANYAR GELAR AKSI PEDULI PENANGGULANGAN BENCANA

373
0

KARANGANYAR.MEDIATRANSPARANCY.COM. Dalam rangka peringatan HUT Pottlot (Private Organization To Training Leader Orientation Team) ke 10 tanggal 15 Februari 2018, bersamaan dengan Hari Peduli Sampah Nasional tanggal 21 Februari, Pottlot menyelenggarakan aksi peduli bersihkan sampah di sungai Bangan Kaling, Pottlot melihat fenomena alam begitu mengoyak ketentraman masyarakat, dari curah hujan tinggi  yang belakangan ini mengakibatkan banyak masalah bagi warga, seperti banjir yang melanda beberapa wilayah diseluruh Indonesia, bahkan dunia. Ini akan berdampak disegala aspek, sepertinya, hujan bukanlah subyek yang perlu dikambinghitamkan, tapi human error adalah penyebab semua itu. Kewaspadaan dan kesadaran perlu disampaikan pada masyarakat.

Ketua relawan Pottlot Tri Hariyanto (Bambang) memberi  penjelasan, “kita bersama elemen pemerintah bertindak dilapangan ikut berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana, usaha priventif ini perlu kami lakukan karena penyebab utama luapan air sungai adalah saluran yang terhalang/tersumbat sampah, relawan Pottlot perlu sekali mendapat dukungan dari semua pihak guna melanjutkan maksud dan tujuan yang mulia,” terangnya.

Adanya event ini P. Joko Lurah Kaling memberi tanggapan, “ saya pribadi juga atas nama masyarakat Desa Kaling mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas kegiatan bersih sungai yang dilaksanakan Relawan Pottlot, BPBD, Polres, Kodim, Karangtaruna semoga menjadikan amal dan berkah bagi kita semua, antusiasme masyarakat Desa Kaling  mendukung, dan ikut berpartisipasi untuk hal ini, apalagi melihat bapak-bapak Polisi dari Polres, Polsek, Kodim, dan Koramil yang ikut serta terjun langsung bersama masyarakat”. Ucap Joko.

Dari Dandim melalui Kapten Inf Wuryanto Danramil Tasikmadu berpesan, “ini adalah kegiatan yang sekaligus mencontohkan pada masyarakat bahwa peduli dengan lingkungan kita ini itu kewajiban dan perbuatan mulia yang akan dituai oleh warga semua, masyarakat harus care dengan lingkunganya, jangan membuang sampah atau limbah sembarangan mulai sekarang dan seterusnya, karena itu akan merusak ekosistem. Apapun dampaknya, kita-kita juga yang ikut merasakan,” pesan Wuryanto.

Dari BPBD dan Polres memberikan pesan yang kurang lebih sama, yaitu bahwa melakukan pencegahan lebih baik dari pada mengobati, artinya bila masyarakat sadar bahwa bertindak bijak untuk tidak sembarangan membuang sampah, menjaga fasilitas infrastruktur, sungai, parit atau selokan dilingkungan kita, itu akan mencegah luapan air bila hujan datang, karena bila telat menyadarinya, ketika lingkungan kita banjir atau tergenang, maka dari ranah kesehatan akan terganggu, akses jalan terhambat, dan suasana tidak nyaman akan menjadikan masalah-masalah baru. Masyarakat juga dihimbau untuk aktif melaporkan bila ada masalah seputar infrastruktur yang rusak dan berpotensi pada keselamatan masyarakat secara umum.

Aksi Peduli ini diikuti oleh rendan(relawan Karangpandan) yang diketuai Slamet Wahyudi, dari BPBD  Karanganyar Ketua Harian Bambang Jadmiko , S.sos Msi, SAR Karanganyar, Relawan Kebakkramat, Dalmas Polres dipimpin AKP Suryo mewakili AKBP Henik Maryanto, Kodim Karanganyar diwakili Danramil Kapten Inf Wuryanto, Polsek Tasikmadu dipimpin AKP Sodikun, SH. Karangtaruna desa Kaling, DKP Karanganyar dan warga sekitar. Semua elemen bersaturasi hablur dalam semangat peduli membersihkan sampah dan memasang spanduk larangan membuang sampah di sungai (25/2/18).

Reporter:Oktora.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here