Home DAERAH PPI Kotabaru Siap Membeli Ikan Dari Nelayan

PPI Kotabaru Siap Membeli Ikan Dari Nelayan

252
0

Kotabaru (Kalsel)-Mediatransparancy.com –  Telah dibuka nya pembelian ikan di PPI jalan raya Stagen ‎oleh Cv.Bandar Laut Saijaan Nusantara bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru supaya para nelayan tidak jauh lagi menjual hasil tangkapannya, seperti menjual ke Banjar dan pulau jawa. H.Anwar (04/02/15) sebagai ketua kelompok nelayan, berharap kepada semua nelayan ‎Kotabaru bertambat dan bongkar ikan di tempat PPI. Kami siap membeli ikan apa saja baik itu ikan Bawal,Tengiri,Tongol dan lain-lain.

kata H.Nawa, para nelayan tidak banyak lagi keluar uang untuk ongkos jual ikan ke Banjarmasin atau ke jawa cukup di jual ke PPI saja dan masalah harga kita sesuaikan.
Kami sering mendengar keluhan para nelayan kadang-kadang pasaran ikan sepi harga murah kami mau jual kemana, terpaksa nelayan merugi dan masalah harga ikan tidak stabil. Kebanyak harga diatur oleh takulak. Pada akhirnya nelayan merugi, ungkap Nawa.

Lanjut Nawa,”kita berharap kepada Dinas Kelautan dan Perikan supaya mengatur para nelayan Kotabaru bongkar dan tambatya harus di PPI, sesuai dengan Perda yang memberitahukan kepada seluruh nelayan dilarang tambat dan bongkar di pasar Kemakmuran Kotabaru,” ungkap nya.

Ir,Talib (04/02/15) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan mengatakan, pembelian ikan di PPI oleh CV.Bandar Laut Saijaan Nusantara sudah mulai berjalan dan sudah ada M,U,yu sama Bupati‎ Kotabaru.

Kata Talib. semua ikan akan dibeli, baik ikan besar dan ikan kecil.maksud nya supaya dapat membantu para nelayan tradisional kita agar tidak merugi. Justru dengan ada Perda kita bikin papan pengumuman di pasar dan kita tempelkan stiker di kapal-kapal nelayan. ”Tidak boleh lagi tambat dan bangkar ikan di pasar Kemakmuran Kotabaru dan harus tambat dan bongkar di PPI,” kata Talib.

Dengan ada CV.Bandar Laut Saijaan Nusantara semua bongkar dan muat ikan harus di PPI tidak boleh lagi bongkar di luar dan di bawa ke Banjarmasin dan Jawa, karena sudah ada pembeli.

Pabrik udah diuji coba sudah 1bulan, kalau ikan terkumpul 30 ton langsung di EXPOR keluar Negeri seperti Jepang, Korea dan Cina.

Kata Talib, “ada CV.Bandar Laut Saijaan Nusantara ini imbas hari Nusantara kemaren. Disamping beli ikan dia akan membangun pabrik tepung ikan dan pabrik pengalengan, dan kita siap kan lahan nya” .

“Bos CV.Bandar Laut Saijaan Nusantara beserta Kementerian Daerah Tertinggal datang ke PPI melihat lokasi‎ dan akan membatu kita,” kata Talib.(San)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here