Home BERITA TERBARU PRAJURIT KODIM 0506/TANGERANG BUAT TANGGUL DI KAMPUNG BARU DADAP

PRAJURIT KODIM 0506/TANGERANG BUAT TANGGUL DI KAMPUNG BARU DADAP

289
0
Karya Bakti Prajurit Kodim 0506/Tgrg akan memasang turab di Kampung Baru, Dadap, Kecamatan Kosambi, Tangerang. foto/Dok Pendam Jaya.

TANGERANG, MEDIATRANSPARANCY.COM – Selama kurun waktu tahun 2017, prajurit Kodim 0506/Tangerang, Kodam Jaya/Jayakarta bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui program karya bakti telah menormalisasi beberapa kali yang diantaranya Kali Sabi di Kecamatan Curug, Sungai Kurus di Kecamatan Teluk Naga, dan pembuatan turap di Situ Cilongok dan di Situ Gelam di Kecamatan Pasar Kemis.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan teritorial TNI AD sebagaimana diamanatkan UU No 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI) yakni melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) disamping Operasi Militer Perang (OMP).

Salah satu amanat UU No 34 tahun 2004 tentang TNI  melalui operasi militer selain perang yang sedang dikerjakan oleh prajurit Komando Distrik Militer (Kodim) 0506/Tangerang sebagai satuan teritorial adlah pembuatan tanggul penahan air Rob  di Kampung Baru, Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Dandim 0506/Tangerang, Letkol Inf M. Imam Gogor A.A mengatakan, untuk kelancaran pelaksanaan Karya Bhakti yang telah diprogramkan oleh Pemkab Tangerang tersebut, Kodim 0506/Tangerang menerjunkan anggota Koramil bersama instansi terkait dan masyarakat .

“Pembangunan di wilayah melalui penentuan prioritas sasaran karya bakti TNI yang didasarkan atas koordinasi Kodim 0506/Tangerang dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang serta instansi terkait bersama masyarakat setempat,” kata Letkol Inf M. Imam Gogor A.A.

Dandim 0506/Tgrg mengatakan, bahwa dengan dukungan berbagai pihak, pelaksanaan kegiatan Karya Bhakti TNI di wilayah Kodim 0506/Tgr dapat dilaksanakan secara maksimal yang tentunya melalui koordinasi lintas sektoral  sebagai perwujudan pembangunan diberbagai bidang di tengah masyarakat.

Sesuai prosedur yang ada, penataan Kampung  Baru Dadap sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi pada bulan Maret 2017 lalu oleh , team ahli dari Universitas Gajah Mada atas pimpinan Budi dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Dinas PU Prov DKI Jakarta yang kerap meninjau Kampung Baru Dadap sehingga sebagian masyarakat mulai percaya dan mendukung serta menyetujui program Pemda tersebut. Yang kemudian dilaksanakan musyawarah pada tanggal 10 Juli 2017 di Aula Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang dalam rangka rencana pembangunan Rusunawa Kampung Baru Dadap, Kecamatan Kosambi.

Tak terhenti dimusyawarah, maka pada Agustus 2017, team ahli dari Kementerian PUPR kembali melaksanakan sosialisasi di aula Kantor Kelurahan Dadap berkaitan dengan pembangunan tanggul penahan air rob.

Kemudian pada tanggal 18 Oktober 2017 di Lapangan komplek Ruko Marina Kampung Baru Dadap kembali dilaksanakan sosialisasi bagi warga Kampung Baru Dadap terkait kegiatan pengoperasiaan alat berat untuk pembangunan sheet file dilokasi tersebut untuk menghindari kesalahpahaman dari masyarakat yang dapat berujung provokasi untuk menghambat karya bakti tersebut.

Hal ini membuktikan keseriusan TNI AD, khususnya Kodim 0506/Tangerang, Kodam Jaya/Jayakarta  yang turut andil dalam membantu pemerintah daerah dalam pembangunan, yang tentunya ditujukan semata untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat wilayah Kabupaten Tangerang yang merupakan wilayah kerja Kodim 0506/Tangerang. (Benz)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here