banner 728x250

Praktisi Hukum Muara Karta Mendukung Tindakan Tegas Polri Memberantas Ormas Radikal

  • Share
Foto: Muara Karta Simatupang SH MH, Praktisi Hukum

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Praktisi Hukum Muara Karta Simatupang SH MH, mendukung penuh Polisi Republik Indonesia (Polri) yang melakukan tindakan tegas terhadap Ormas Intoleran yang akan merusak persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Muara Karta sangat prihatin melihat Habib Rizieq Sihab (HRS) yang rentan menyerang pemerintah, mengumpulkan massa, walau pemerintah selama ini masih toleransi dan belum memberikan tindakan tegas. Namun kejadian yang kemarin, ada enam orang anggota Laskar ormas From Pembela Islam (FPI) yang tertembak oleh aparat Kepolisian.

judul gambar

Menyikapi kejadian tersebut, saya sebagai Praktisi Hukum atau warga masyarakat yang sudah merasakan keresahan karena perlakuan dan gerakan-gerakan mereka yang selalu intoleran, sangat mendukung dan sepakat terhadap tindakan tegas yang dilakukan Kepolisian. Kami ratusan Advokad sangat setuju atas tindakan tegas Kepolisian yang telah melumpuhkan anggota ormas yang ingin melakukan perlawanan terhadap aparat hukum.

Sekalipun nanti Komnas HAM, melakukan atau berbuat seperti apa nanti bagi saya tidak ada urusan. ” Saya dan beberapa Advokat sangat mendukung kebijakan yang dilakukan aparat Kepolisian yang sudah dan akan melakukan tindakan tegas terhadap ormas dan laskar laskar yang selalu bertindak ekstrim yang mengarah ke Intoleran. Tindakan Polisi telah terukur sehingga kita dukung penuh”, ujarnya.

Muara Karta alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia itu menyampaikan, sebenarnya sudah berkali kali HRS ditersangkakan, sebelum melarikan diri ke Timur Tengah sudah ditersangkakan. Dia melakukan penghinaan terhadap kepala negara, tidak mengakui ideologi Pancasila.

Sehingga dalam hal ini saya mengapresiasi tindakan tegas yang diberikan Polri hingga mentersangkakan HRS bersama lima orang lainnya. Jangan hanya terhadap anggota Laskar saya yang diberikan tindakan tegas, kalau perlu HRS pun ditindak tegas, bukan hanya dipanggil dan ditersangkakan dan ditunggu datang.

Ditambahkan, Dia kan sudah berkali kali jadi tersangka, tidak datang, tidak menghormati hukum dan tidak mengakui ideologi negara ini dan yang sudah memalukan umat ya. Disinilah suharusnya Polisi melakukan tindakan tegas terhadap tindakan HRS yang sudah meresahkan masyarakat, meresahkan negara. ” Kami ada ratusan Advokad akan mendukung Polri yang melakukan penegakan hukum”, ucapnya 11/12/2020

Berkaitan dengan hal tersebut Muara Karta menghimbau pemerintah agar memberikan tindakan tegas bukan hanya ke laskarnya dan ke ormasnya, namun ke HRS nya harus diberikan tindakan tegas. Kenapa sih pemerintah ragu ragu terhadap satu orang HRS dibandingkan warga masyarakat yang ratusan juta jumlahnya menjadi terpecah pecah.

“Ini tidak bisa terjadi, masyarakat harus bersatu sepakat membantu dan mendukung pemerintah yang telah memberikan tindakan terhadap HRS. Beratus ratus Lowyer akan mendukung pemerintah dan Kepolisian yang menindak tegas HRS”, katanya.

Guna menindak lanjuti penetapan tersangka HRS, diharapkan Polisi tidak lagi hanya menunggu HRS datang, Polisi harus bertindak segera, bila perlu gunakan alat untum mendeteksi keberadaan HRS. Tangkap sidangkan seret kepersidangan sehingga tidak lagi diulur ulur supaya mempunyai kepastian hukum.

Masyarakat juga perlu mengetahui sejauh mana pelaksanaan hukum yang dilakukan terhadap HRS. Pemerintah harus hadir ditengah tengah masyarakat untuk memberikan ketentraman, apalagi di akhir tahun ini pemerintah harus menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Kalau bisa seperti di Surabaya FPI membubarkan diri sendiri. Kiranya demikian jugalah FPI FPI wilayah lain supaya membubarkan dirilah. Sehingga masyarakat merasakan kenyaman agar bisa beraktifitas dengan tenang. “kedepannya kita bisa duduk bersama apalagi di masa Pandemi Covid-19 ini kita harus saling menopang membangun ekonomi yang sudah terpuruk akibat adanya Virus Corona”, ujarnya menegaskan.

Penulis P. Sianturi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *