banner 728x250

Presiden Jokowi Lantik Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri Baru Gantikan Idham Azis

  • Share

Jakarta,mediatransparancy.comPresiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), melantik Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Istana Negara, 27/01/2021.

Listyo Sigit Prabowo mantan Kabareskrim Mabes Polri itu, merupakan calon tunggal yang di pilih Presiden Jokowi untuk menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis yang sudah memasuki masa pensiun (Purna Bhakti) berakhir pada bulan Januari 2021.

judul gambar

Melalui surat Presiden Jokowi, nama Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan satu satunya nama yang diajukan dan diusulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) sebagai Calon Kapolri untuk dilajutkan tes kelayakan. Tanpa hambatan dan gangguan apapun, ketua DPR RI, Puan Maharani menyetujui mantan ajudan Jokowi itu mengemban tugas sebagai kepala Kepolisian kesatuan Bhayangkara tersebut.

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin di Istana Negara memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kapolri yang akan dilaksanakan Listyo Sigit Prabowo. Sejak hari Rabu 27 Januari 2021, Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Jenderal bintang empat yang akan mengemban tugas negara menjadi Kapolri, hingga masa jabatan yang tidak ditentukan. Pengangkatan Sigit sebagai Kapolri dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Iandonesia Nomor 5 tahun 2021 tentang pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dipilihnya Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, merupakan sejarah terhadap kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo dan Wakilnya Ma’aruf Amin di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini. Sebab, sejak Indonesia merdeka dan Presiden sudah gonta ganti, baru di kepemimpinan Jokowi Ma’aruf Amin, tongkat Kapolri di pegang Jenderal non Muslim.

Para tokoh masyarakat, tokoh Agama dan para pengamat serta pemerhati bangsa Indonesia menilai, barulah disaat ini masyarakat melihat munculnya nilai nilai Kebhinekaan yang tertuang dalam Pancasila sebagai landasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat non Muslim  berpesan, kiranya sumpah jabatan yang telah di ucapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dengan berjanji dihadapan yang maha kuasa kiranya  dapat dilaksanakan.

Polri sebagai pelindung dan pengayom bagi seluruh masyarakat kiranya tidak memandang Suku, Ras, Agama, serta tidak membedakan masyarakat Miskin dan Kaya dalam hal penegakan hukum. Seluruh masyarakat Indonesia sama kedudukannya dihadapan hukum.

Penulis : P. Sianturi

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *