Home NASIONAL Presiden Jokowi : Mari Kita Bersatu Menjadi Bangsa Pemenang

Presiden Jokowi : Mari Kita Bersatu Menjadi Bangsa Pemenang

204
0
Foto : Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Yogyakarta, Mediatransparancy.com – Untuk menjadi bangsa yang maju kita perlu bersatu. “Jangan mau kita diadu domba untuk kepentingan sempit, musuh kita jelas, kemiskinan keterbelakangan ketertinggalan. Dan sekarang ini kita sedang bersaing dengan bangsa lain.

Mari kita bersatu menjadi bangsa pemenang,” ujar Presiden Joko Widodo pada Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan Muhammadiyah di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, di Yogyakarta, Senin, 23 Mei 2016.

Di awal sambutannya Presiden menceritakan pengalamannya ketika berkunjung ke Korea Selatan minggu lalu. Pada tahun 1950 hingga 1970-an memiliki kondisi yang hampir lebih sama seperti Indonesia. Memasuki tahun 1970 ke atas, Korea Selatan memulai era industri mereka, tapi Indonesia pun sebetulnya telah memiliki industri saat itu, yakni PT PAL. Demikian sebagaimana dilansir Tim Komunikasi Presiden, Sukardi Rinakit.

Tapi apabila kita melihat sejarah kedua negara ada yang bisa dipetik, di Korsel mulai industri, di Indonesia memulainya. “Di sana pertanian, di sini juga kita pertanian. Namun pada dekade berikutnya Korea menjadi raksasa ekonomi dunia dengan GDP luar biasa dibandingkan kita,” tutur Presiden.

Presiden mengatakan ada dua kunci keberhasilan Korea Selatan, yakni keterbukaan dan keberanian inovasi. “Mereka terbuka dan berlomba-lomba untuk berinovasi dan mereka berlomba-lomba untuk mengejar kemajuan. Dan mereka karena terbuka mereka berani bersaing dengan negara lain,” ucap Presiden.

Penulis : Chris Muryat/Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here