Home NASIONAL Presiden Jokowi : Perang Kita adalah untuk Memenangkan Kemanusiaan

Presiden Jokowi : Perang Kita adalah untuk Memenangkan Kemanusiaan

206
0
foto : iLustrasi

Padang, Mediatransparancy.com – Setelah memberikan sambutan dan meresmikan Pembukaan International Fleet Review (IFR) 2016, Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Jenderal, Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi melakukan inspeksi parade kapal perang internasional dengan menggunakan KRI Frans Kaisiepo-368 dalam rangkaian pembukaan International Fleet Review (IFR) 2016 di Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II, Padang, Sumatera Barat, Selasa, 12 April 2016.

Foto : iLustrasi
Foto : iLustrasi

IFR merupakan salah satu dari tiga kegiatan besar dalam rangka Latihan Multilateral yang diberi nama Komodo Exercise 2016. Pada pelaksanaan Komodo Exercise 2016 ini diikuti oleh total 47 kapal yang meliputi 20 kapal dari 16 negara, 11 kapal dari TNI Angkatan Laut, dan 11 kapal dari institusi lain yang akan diselenggarakan di Padang dimulai pada tanggal 12 April 2016 hingga 16 April 2016. Demikian seperti dilansir Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana.

Usai melakukan inspeksi, Presiden memberikan pernyataan yang di-broadcast kepada seluruh peserta Komodo Excercise 2016 dari anjungan KRI Frans Kaisiepo-368. Berikut pernyataan Presiden:

Prajurit Angkatan Laut yang saya hormati, sebagai satu warga dunia kita disatukan oleh laut. Oleh sebab itu harus dijaga persaudaraan di laut, di samudera, dan di teluk. Tugas kalian adalah melaksanakan perang untuk memenangkan kemanusiaan meningkatkan bakti kesehatan. Tingkatkan perbaikan dan pembangunan fasilitas umum. Tingkatkan kerjasama SAR dan lain-lain. Sekali lagi perang kita adalah untuk memenangkan kemanusiaan.

Rangkaian terakhir dari acara Komodo Exercise 2016 adalah penekanan tombol sirine dan penandatanganan Prasasti Monumen Merpati Perdamaian oleh Presiden di Dermaga Pelabuhan Teluk Bayur.

Dalam acara tersebut turut hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti, dan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

Penulis : Humas/Setneg
Editor : Chris MP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here