Home BERITA TERBARU Puluhan Pemanah Tradisional Beradu Ketangkasan Pada Gladen Alit Jemparingan

Puluhan Pemanah Tradisional Beradu Ketangkasan Pada Gladen Alit Jemparingan

125
0

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Puluhan pemanah tradisional jemparingan beradu, menunjukan kemahirannya dalam Gladen (lomba) Alit Jemparingan. Ketua Paseduluran Jemparingan Cirebon (PJC) Tri Helviana menuturkan gladen jemparingan alit ini digelar dalam rangka HUT ke-5 PJC di kawasan komplek Stadion Bima, Kota Cirebon, Minggu (24/1/2021).

“Berlangsung selama satu hari, Gladen ini diikuti 31 pemanah yang berasal dari 3 Provinsi,” ujar Tri yang kini juga menjabat Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Pada lomba tersebut, para peserta terbagi dalam 3 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 10 pemanah.

“Untuk kali kedua kami menggelar gladen ini, dengan peserta yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten,” kata Tri.

Dijelaskan Tri, di bawah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), jemparingan yang dahulu merupakan olahraga keluarga kerajaan ini memerlukan konsentrasi cukup tinggi. Dimana, para pemanah tradisional ini posisi duduk bersila gaya Mataraman. Dibekali 5 anak panah dengan sasaran target panahan sebuah bandulan berjarak 30 meter.

Ia berharap, jemparingan bukan saja hanya sekedar lomba akan tetapi merupakan salah satu upaya dalam rangka memasyarakatkan jemparingan khususnya untuk masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya.

“Harapan kedua yaitu gelaran ini dalam rangka memelihara tradisi budaya, dan ketiga, tentunya membangun rasa bahagia dan gembira sehingga ditengah wabah Covid-19 dapat meningkatkan imunitas tubuh kita,” pungkasnya.

Penulis: Acep

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here