banner 728x250

Puluhan Sat Ops Patnal Dikukuhkan Tenaga Ahli Wamen Kemenkum HAM RI

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Guna melaksanakan pencegahan dan penindakan gangguan keamanan dan ketertiban serta perbaikan seluruh aspek pelaksanaan tugas pemasyarakatan, keberadaan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Sat Ops Patnal) mutlak diperlukan. Demikian disampaikan Agus Irianto, Tenaga ahli  Wakil Menteri Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM)  Republik Indonesia, Agus Irianto usai mengukuhkan 60 Satops Patnal yang berasal dari 9 UPT Koordinator Wilayah (Korwil) Cirebon di aula Lapas Narkotika Kelas II Cirebon, Jum’at (19/2/2021).

“Selain itu juga bertujuan untuk mendeteksi dini, salah satunya peredaran narkoba di dalam Lapas/Rutan,” kata Agus yang juga merangkap Kalapas Kelas 1 Cirebon.

judul gambar

Usai pengukuhan, Tenaga Ahli Wamenkum HAM melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) dengan mendatangi beberapa blok hunian Lapas Narkotika Cirebon.

“Setelah pengukuhan kami langsung action melakukan penggeledahan dan ditemukan beberapa barang yang dilarang,” ungkapnya.

Agus menambahkan, fungsi dari kegiatan pengukuhan ini adalah untuk meningkatkan sinergitas antara UPT Pemasyarakatan supaya dapat menyelesaikan persoalan pemasyarakatan se- wilayah III Ciayumajakuning .

“Kita anggota se-Ciayumajakuning apabila di suatu UPT misalnya di Indramayu, Majalengka atau Kuningan kita sama-sama membantu kegiatan, misalnya penggeledahan atau kegiatan pengamanan lainnya, Kita satu korwil ini bersama-sama untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di UPT pemasyarakatan,” jelasnya.

Sesuai dengan harapan Kemenkum HAM dalam hal ini Ditjen PAS, ia pun berharap Lapas bisa lebih baik dan terkendali dalam hal pengamanan.

“Terutama berkaitan dengan pengendalian narkoba,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Nur Bambang Suprihandono, Kalapas Narkotika Kelas IIA Cirebon mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih karena dengan adanya kegiatan ini, Lapas Narkotika Cirebon sudah sangat terbantu dalam hal penanganan, pengendalian keamanan dan ketertiban terutama di Lapas Gintung,” ucapnya.

Penulis: Acep
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *