banner 728x250

Puluhan Wartawan Cirebon Hadiri Sarasehan Insan Pers dengan Pemda Kota Cirebon

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cirebon menggelar sarasehan di ruang Adipura Balai Kota Cirebon, Jl. Siliwangi No. 84, Kota Cirebon, Selasa (9/2/2021) dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Sarasehan puluhan wartawan dari berbagai media televisi, cetak dan online yang bertugas di Kota Cirebon itu dihadiri oleh Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, Sekretaris Daerah (Sekda), Agus Mulyadi, Kepala DKIS, Maruf Nuryasa, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Mastara, serta Ketua PWI Cirebon, Moh. Noli Alamsyah.

judul gambar

Dalam kesempatan itu, Azis mengucapkan terima kasih dan mengajak para wartawan untuk selalu menjaga profesionalitas dalam menjalankan tugas kejurnalisannya.

“Insan pers merupakan jembatan komunikasi dan informasi kami kepada masyarakat. Atas nama Pemerintah Daerah Kota Cirebon, saya mengapresiasi kepada wartawan yang telah bekerjasama selama ini,” ungkapnya.

Azis juga meminta kepada insan pers agar dapat memberikan informasi kepada masyarakat secara benar dan berimbang.

“Saya berharap ada keseimbangan berita, apa yang sudah dilakukan pemerintah, apa yang tengah dilakukan dan apa yang akan dilakukan,” katanya.

Mudah-mudahan, lanjut Azis, semangat pers di dalam membangun bangsa, khususnya membangun Kota Cirebon, terus terpatri pada insan pers.

Sementara itu Ketua PWI Cirebon, Moh. Noli Alamsyah menyampaikan, kemitraan Pemerintah Kota Cirebon melalui DKIS dengan wartawan masih berjalan dengan baik.

“Kalau boleh, saya acungkan jempol buat pak Maruf selaku Kepala DKIS Kota Cirebon, beliau sangat luar biasa kedekatannya dalam membangun komunikasi dengan teman-teman wartawan,” kata Noli.

Ditambahkan Noli, Wali Kota Cirebon beserta SKPD lainnya juga selalu memberi keterbukaan informasi kepada wartawan yang bertugas. “Saya pikir hubungan Pemerintah Kota Cirebon dengan wartawan sudah sangat bagus,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Noli juga berharap kepada Pemkot Cirebon agar dapat meningkatkan kualitas para wartawan dengan menyediakan anggaran bagi para wartawan untuk dapat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) atau pelatihan jurnalistik.

“Saya paling benci kepada wartawan yang hanya copy paste (copas) atau menjiplak berita. Dengan mengikuti UKW dan adanya pelatihan jurnalistik, sehingga diharapkan bagi wartawan dapat menyajikan berita yang berimbang sesuai dengan kaidah kode etik jurnalistik,” harapnya.

Penulis: Yudi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *