Home BERITA TERBARU Rasakan Mamfaatnya, Hartatik Bersyukur Menjadi Peserta JKN – KIS

Rasakan Mamfaatnya, Hartatik Bersyukur Menjadi Peserta JKN – KIS

74
0

LAMPUNG UTARA | MEDIA TRANSPARANCY – Hartatik (55) sangat bersyukur dirinya beserta keluarga telah menjadi Peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK).

Dengan adanya program yang diusung  pemerintah sejak awal tahun 2014, warga Desa Sawojajar, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utra (Lampura) ini tidak lagi mengkhawatirkan biaya kesehatan yang akan dikeluarkan ketika berobat di fasilitas kesehatan.

“ Saya ini seorang petani dengan kondisi perekonomian pas-pasan. Saya harus memikirkan dengan cermat pengeluaran sehari-hari agar kebutuhan pokok dapat terpenuhi,” ujar Hartatik kepada tim s, Jumat (20/03).

Sebelum ada Program JKN-KIS, Hartatik mengaku selalu risau memikirkan apa yang harus ia lakukan jika ada salah satu anggota keluarganya yang sakit.

“ Yang saya tahu biaya berobat itu mahal apalagi jika sampai membutuhkan rawat inap di rumah sakit. Makanya saya takut kalau mau berobat, takut nggak cukup uangnya,” tutur Hartatik.

Hartatik mengaku sangat senang saat mengetahui dirinya beserta keluarga telah menjadi peserta JKN segmen PBI-JK. Tugasnya saat ini adalah menjaga pola hidup sehat, jika sakit ia tak akan ragu untuk mengunjungi fasilitas kesehatan karena telah mengantongi kartu JKN-KIS.

“Lega rasanya bisa menjadi Peserta JKN-KIS apalagi iuran saya ini ditanggung oleh pemerintah pusat. Ini jelas mengurangi beban pikiran saya sebagai seorang ibu. Tugas saya memastikan keluarga saya menjalankan pola hidup sehat dan jika sakit akan langsung saya ajak berobat ke Puskesmas atau rumah sakit,” tambahnya.

Selain manfatnya yang telah dirasakan, Hartatik juga mengapresiasi berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta.

“Beberapa minggu yang lalu BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi menghadirkan kanal layanan MCS di sini, tepatnya dilaksanakan di rumah Pak RT. Begitu tahu info itu saya langsung buru-buru ke rumah Pak RT karena saya mau ubah data,” ujar Hartatik sambil menunjukkan kartu JKN-KIS nya.

Mobile Customer Service atau disingkat MCS merupakan layanan yang bertujuan untuk mendekatkan diri dan terjun langsung melayani masyarakat dengan sistem jemput bola. MCS dilaksanakan secara terjadwal di daerah yang letaknya jauh dari kantor cabang.

“Saya tidak perlu jauh-jauh ke kantor cabang dan meninggalkan pekerjaan saya hanya untuk melakukan perubahan data karena kehadiran MCS di sini. Petugas MCS ramah sekali dan menjawab semua pertanyaan saya, perubahan data saya juga langsung diproses saat itu juga. Karena itu saya mau mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan. Semoga BPJS Kesehatan selalu ada untuk membantu masyarakat,” tutup Hartatik.

Sumber : Rilis BPJS Lampura

Penulis : Sis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here