banner 728x250

Residivis Spesialis Ganjal ATM Lintas Daerah Berhasil Ditangkap Sat Reskrim Polres Cirebon Kota

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Tiga residivis spesialis pencurian dengan modus mengganjal mesin ATM lintas daerah berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Cirebon Kota.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Syamsul Huda melalui Kasat Reskrim AKP I Putu Asti Hermawan Santosa yang didampingi Kasubbag Humas IPTU Ngatidja dalam konferensi pers, Selasa (8/12/2020) siang mengatakan, “Ada tiga pelaku yang berhasil ditangkap terkait dengan aksi kriminal itu, yakni berinisial SH, D, dan S. Pelaku H dan K masih DPO oleh pihak kepolisian”.

judul gambar

I Putu menjelaskan, tiga pelaku itu diamankan setelah melakukan aksi pencurian dengan modus ganjal ATM di ATM SPBU Tengah Tani Kabupaten Cirebon. Mereka mengganjal mesin ATM dengan menggunakan tusuk gigi. Setelah para pelaku melarikan diri usai melakukan aksinya, polisi kemudian melakukan penyelidikan dan pengintaian atas kasus tersebut hingga pelaku berhasil diamankan. Dalam aksinya, pelaku berhasil membawa uang ratusan juta rupiah dari para korban.

“Dari TKP di ATM SPBU Tengah Tani, setelah ditranfer pada sebuah rekening yang dipegang oleh pelaku K, uang sebanyak Rp. 80 juta dibagi rata, para pelaku masing-masing mendapat sebanyak Rp. 20 juta,” ujarnya.

Kemudian Sat Reskrim terus melakukan pengembangan terkait potensi adanya korban lain akibat aksi para pelaku. Karena berdasarkan penyelidikan, pelaku melakukan aksinya di kota-kota lain seperti Bandung dan Semarang.
“Kami masih melakukan pengembangan. Sambil menunggu apakah ada korban lainnya,” lanjutnya.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti sebanyak 37 kartu ATM hasil curian maupun kartu ATM palsu dari berbagai bank, uang tunai Rp. 700.000, satu unit hp, 2 bungkus korek api, 2 bungkus tusuk gigi dan satu dompet warna coklat.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 363 Ayat 1 KUHPidana tentang pencurian yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu, dengan ancaman hukuman masing-masing 7 tahun penjara.

Penulis: Yudi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *