Home NASIONAL Rhoma: Saya Nggak Ngerti Soal gelar Profesornya

Rhoma: Saya Nggak Ngerti Soal gelar Profesornya

230
0

Jakarta Transparancy.com- Bakal calon presiden Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rhoma Irama tak ambil pusing dengan perdebatan soal gelar profesor yang diterimanya. Rhoma menegaskan gelar itu didapat dari American University of Hawaii (AHU).

Penegasan ini disampaikan Rhoma saat ditanya soal pernyataan Kemendikbud yang menyatakan tidak ada gelar profesor honoris causa.

“Saya nggak ngerti gitu-gituan. Saya hanya diberikan dengan dasar saya guru besar musik dangdut, kalau soal honoris causa saya nggak ngerti,” kata Rhoma saat dihubungi Rabu (26/2/2014).

Rhoma menuturkan gelar profesor didapat pada Januari 2005 lalu. Manajer TMII saat itu menjadi perantara pemberian gelar. “3 orang profesor menyerahkan ke saya, profesor dari Amerika,” ujar dia.

Meski bertitel profesor, raja dangdut ini mengaku lebih nyaman tampil di publik apa adanya. “Saya lebih nyaman Rhoma Irama tanpa gelar,” sebutnya.

Kemarin (25/2) Dirjen Direktorat Pendidikan Tinggi Djoko Santoso mengatakan honoris causa alias gelar kehormatan hanya diberikan untuk gelar doktor. “Profesor itu saya pastikan nggak ada,” ujarnya.

Djoko Santoso mengatakan pemberian gelar pun harus atas sepengetahuan Kemendikbud. Aturan ini berlaku dalam UU Nomor 12/2012 tentang Perguruan Tinggi. (sm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here