Home NASIONAL Ribuan Orang Mengikuti Parade Bhinneka Tunggal Ika

Ribuan Orang Mengikuti Parade Bhinneka Tunggal Ika

288
0
Foto : Panggung Utama Parade Bhinneka Tunggal Ika

Jakarta, Mediatransparancy.com  – Ribuan orang mengikuti Parade Bhinneka Tunggal Ika di Silang Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu (19/11/2016) dengan menggelar dan membentangkan bendera Merah Putih raksasa.

Parade ini digelar untuk memperingati hari Bhinneka Tunggal Ika yang diperingati tiap tanggal 19 November. Parade tersebut dimulai dari pukul 08.00 WIB. Massa yang awalnya jumlahnya ratusan, bertambah banyak menjelang pukul 09.30 WIB. Ribuan massa memadati bundaran Patung Kuda pada pukul 10.00 WIB, Sabtu (19/11/2016).

Barisan pembawa bendera Merah-Putih raksasa mengawali parade tersebut. Di belakangnya terdapat kelompok ondel-ondel diiringi permainan angklung dari Jawa Barat.

Setelah itu, kemeriahan dengan berbagai arak-arakan tampak dari permainan reog Ponorogo dan barongsai. Massa tak mau melewatkan momen itu dengan melakukan swafoto bersama.

Dalam aksi damai ini, panitia mengimbau melalui pengeras suara agar tidak merusak taman dan tidak membuang sampah sembarangan. Pawai yang seharusnya mempunyai rute Silang Monas – HI berubah ke Silang Monas – Tugu Tani – Silang Monas karena imbauan kepolisian.

Aksi berakhir sekitar pukul 12.10 WIB. Massa secara bergelombang naik bus wisata dan angkutan umum yang disewa. Mereka tertib meninggalkan lokasi parade.

Kebersihan lokasi parade cukup terjaga. Sampah-sampah bekas bungkus makanan maupun minuman milik massa dibuang ke dalam plastik-plastik hitam berukuran besar. Sampah-sampah itu dikumpulkan di beberapa sudut jalan.

Penulis : Aloysius Tedi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here