banner 728x250

Ritual Pembangunan Jembatan Terusan Tano Ponggol

  • Share

SAMOSIR, MEDIA TRANSPARANCY – Sebelum dimulainya pekerjaan pembangunan Jembatan Tano Ponggol, masyarakat setempat lakukan acara Ritual Batak di Kelurahan Siogung-ogung, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera utara. Pada Kamis (14/01/2021) sekira pukul 09:00 WIB.

Ritual tersebut dilakukan oleh masyarakat yang dihimpun dari beberapa utusan perwakilan marga-marga di wilayah (Bius Pangururan) Sitolu Hae Horbo yakni marga Naibaho, marga Sitanggang dan marga Simbolon, serta para tokoh-tokoh yang dituakan di daerah itu.

judul gambar

Acara ritual tersebut dilakukan untuk menghargai tradisi para leluhur yang terdahulu dan sekaligus melestarikan budaya Batak secara turun temurun yang ditakini agar proses pembangunan Jembatan Tano Ponggol berjalan dengan Lancar.

Adapun beberapa acara yang dilaksanakan adalah melakukan doa (Martonggo) yang diucapkan dari perwakilan Marga Naibaho, Simbolon dan Sitanggang, untuk meminta restu dari Tuhan yang Maha Esa yang disebut “Mula Jadi Nabolon” bagi orang Batak, agar proses pembangunan tersebut berjalan Lancar.

Proses berjalanya ritual tersebut dituturi oleh salah seorang spiritual Batak Abidan Naibaho dan Obin Naibaho dihadiri pemerintah Setempat yakni Camat Pangururan Bresman Simbolon dan Lurah Siogung-ogung Pak Naibaho.

Kepada wartawan Obin Naibaho Selaku ketua Forum Komunikasi Tokoh Masyarakat (FKTM) Kabupaten Samosir mengatakan, “Kami melakukan acara ritual pangelek-elekon kepada Opputa Mulajadi Nabolon dan Oppung Namartua Pusuk Buhit, karena ini proyek besar demi kejayaan dan kemajuan kabupaten Samosir, biar nanti yang mengerjakan juga selamat dan sukses,”ujarnya.

Ditambahkanya bahwa hal ini juga sudah perna dilakukan sebelumnya,” Karena yang pertama kami lakukan waktu pembangunan alur Tano Ponggol Sukses juga. Dengan ritual yang kita lakukan ini, semoga Samosir semakin maju dan semakin menghargai budaya dan tradisi,” tandasnya.

Penulis: JS
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *