Home Berita Terbaru Rotary International Gandeng NU Resmikan Proyek Air Bersih di Kepulauan Seribu

Rotary International Gandeng NU Resmikan Proyek Air Bersih di Kepulauan Seribu

249
0

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Rotary International District 3410 Jakarta dan Rotary International District 2650 Ikoma Japan menggandeng Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Nahdlatul Ulama (NU) membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam program Proyek Air Bersih di Kepulauan Seribu.

“Program Proyek Air Bersih merupakan servis dari Rotary International kepada Komunitas masyarakat secara berkala, sebelumnya kami sudah bergerak di Medan, Batam, Purwokerto, Cilacap dan sekarang adalah Kepulauan Seribu, Ungkap Raju Danshingan selaku District of Governor Rotary Indonesia 3410 saat acara Inaugurasi Proyek Air Bersih di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Kamis (21/11).

Program tersebut berlangsung selama 11 bulan tim Proyek Air Bersih Rotary International memulai pemasangan 1.700 buah filter air tadah hujan di 4 Pulau di Kepulauan Seribu.

Filter air tersebut tersebar di wilayah Kepulauan Seribu di antaranya, Pulau Panggang terdapat 650 Filter dan 3 titik communal water tank, selanjutnya Pulau Kelapa dan Pulau Kelapa Dua terdapat 1000 filter, dan terakhir di Pulau Payung terdapat 50 Filter.

“Filter-filter tersebut digunakan pada saat hujan, jadi, warga dapat menampung air hujan yang kemudian disaring melalui filter untuk menghasilkan air bersih”, Jelas DG Raju.

Inaugurasi Proyek Air Bersih yang Digelar Rotary International Bersama NU di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Kamis (21/11).

Hadir dalam acara, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu Iwan Samosir bersyukur dan mengapresiasi atas berlangsungnya program proyek air bersih ini.

“Kami bersyukur dan mengapresiasi atas program ini, semoga Rotary Indonesia bisa terus bersinergi dengan kami sehingga program ini bisa berkelanjutan dan terealisasi secara merata di masyarakat Kepulauan Seribu” Ujarnya.

Senada dengan hal di atas, Lurah Pulau Panggang, Pepen Kusnandi mengucapkan terimakasih atas terlaksanya program ini. Untuk itu, Pepen mengajak masyarakat untuk memelihara sarana dan prasarana yang telah difasilitasi oleh Rotary International.

“Mari kita jaga dan rawat sebab fasilitas tersebut adalah untuk kepentingan bersama”, Katanya.

Sementara, Pengurus Cabang NU Kepulauan Seribu, KH. Sumarno mewakili masyarakat Kepulauan Seribu tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Rotary International yang telah memperhatikan masyarakat Kepulauan Seribu. Sebab Kepulauan Seribu adalah salah satu wilayah yang masuk dalam destinasi wisata Internasional.

Rotary International bersama NU Resmikan Proyek Air Bersih di Kepulauan Seribu, Kamis, (21/11).

“Terimakasih atas gagasan dan program dari Rotary International, semoga bernilai manfaat yang tinggi untuk warga dan kemajuan daerah Kepulauan Seribu” ucap Kiai Sumarno.

NU sebagai ormas memiliki sejumlah misi yang berkenaan dengan aspek kehidupan umat manusia. Selain aspek pendidikan dan dakwah, NU juga memiliki peran aktif dalam aspek sosial. Salah satunya melalui giat Proyek Air Bersih, hal tersebut diutarakan oleh Tokoh NU Jakarta Utara, KH. Ali Mahfudz.

“Selain Pendidikan dan Dakwah, NU juga memiliki fokus perjuangan dalam aspek sosial, program selaras dengan perjuangan NU untuk membangun tatanan sosial masyarakat yang baik”. Tandas Kiai Ali.

Acara kemudian ditutup dengan penandatanganan berita acara dan Mou oleh Rotary International kepada masyarakat dan Instansi pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu.

 

Penulis : Khoirul. R
alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here