Home NASIONAL Rumah Sakit Jiwa MAsih Menunggu Para CALEG Stress

Rumah Sakit Jiwa MAsih Menunggu Para CALEG Stress

435
0

Delapan kamar very important person (VIP) di Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan, Jakarta Barat, masih kosong. Meski tak disiapkan khusus, anggota staf humas rumah sakit, Retno, mengatakan kamar tersebut dapat menjadi salah satu pilihan kamar bagi calon legislator yang stres akibat tak terpilih pada Pemilu Legislatif 9 April lalu.

“Sebenarnya kami tak ada persiapan, biasa saja,” kata Retno di kantornya, Jumat, 2 Mei 2014. Retno mengatakan hingga kini rumah sakit di Jalan Prof. Dr. Latumeten, ini masih menanti pasien baru yang berlatar belakang calon legislator pada Pemilu tempo hari.

Hal yang sama juga terjadi pada pemilu periode 2009 sebelumnya. Ia memprediksi keadaan ini lantaran Komisi Pemilihan Umum belum mengumumkan hasil resmi perhitungan suara akhir. “Mungkin nanti ya setelah 9 Mei baru terdeteksi, sampai saat ini belum ada,” kata dia.

Rumah sakit, kata Retno, juga menyediakan pemeriksaan kejiwaan bagi calon legislator di daerah pemilihan Jakarta sebelum Pemilu dilaksanakan. Tes tersebut berupa tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) dan tes kuisioner.

Tes MMPI yakni tes psikologi yang digunakan untuk oleh psikiater untuk mendiagnosa gangguan kejiwaan seseorang berupa gangguan anti sosial, gangguan seksual, gangguan depresi, kebohongan, dan lainnya. Tes MMPI ini berisi ratusan pernyataan dengan alternatif pilihan jawaban berupa setuju dan tidak setuju atau ya dan tidak. “Hasilnya langsung diserahkan kepada caleg yang ikut tes dan bersifat rahasia,” kata dia.

Retno menjelaskan kamar tersebut dilengkapi kamar mandi bershower yang bertarif Rp 250 ribu per malam. Lantai kamarnya dilapisi keramik. Jendela di setiap kamar dilengkapi dengan jeruji besi yang kebanyakan berada di sebelah tempat tidur.

Kamar juga dilengkapi lemari pendingin, dispenser, dan televisi berukuran 22 inchi. Sebuah lemari dari kayu jati dan empat buah sofa juga turut memeriahkan kamar tersebut. “Fasilitas ini dibuat agar pasien merasa nyaman,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here