banner 728x250

Sat Reskrim Polres Cirebon Kota Berhasil Gulung Pelaku Curat dengan Modus Bobol ATM

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Modus pelaku dengan cara masuk ke ruang mesin ATM dan melakukan transaksi dengan menggunakan kartu ATM BRI milik pelaku, kemudian pelaku melakukan transaksi tarik tunai di mesin ATM tersebut sebesar Rp. 2.000.000,- setelah mesin ATM mengeluarkan uang kemudian pelaku saudara H mematikan aliran listrik mesin ATM dengan cara mencabut atau melepas colokan aliran listrik yang berada di belakang mesin ATM setelah mesin dalam keadaan mati kemudian pelaku saudara WR membuka mulut tempat keluarnya uang dengan menggunakan tang sambil menarik ke atas dan menahannya. Kemudian pelaku saudara H dengan menggunakan alat berupa tongsis yang sudah dimodifikasi (sengaja dipersiapkan), di mana ujung tongsis tersebut dipasang 2 besi sebagai penjepit untuk mengambil uang yang berada di tempat keluarnya uang dan pelaku berhasil, maka uang dari dalam mesin ATM tersebut tersebut sebanyak Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) pecahan uang 100 ribuan.

Hal tersebut terungkap dalam konferensi pers yang dipimpin Wakapolres Cirebon Kota, Kompol Ali Rais Ndraha di Mako Polres Cirebon Kota, Jl. Veteran No. 5 Kota Cirebon, dengan didampingi Kasat Reskrim AKP I Putu Hasti Hermawan, Kanit Buser Iptu Sindy Al Afghani, Kasiwas Iptu Adimara, dan Kasubbag Humas Polres Cirebon Kota Iptu Ngatidja, Rabu (17/3/2021).

judul gambar

Kapolres Cirebon Kota, yang disampaikan Wakapolres menyampaikan bahwa tersangka ada dua orang yaitu dengan inisial H alias M bin Lukman dan inisial WR alias R bin Zulyanto. “Mereka melakukan tindak pidana di ATM Hotel Amaris yang terletak di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, terjadi pada hari Selasa 2 Maret 2021 sekitar jam 18.00 WIB. Sesuai dengan laporan polisi nomor : LP/12/B/III/2021/JBR/RES CRB KOTA, tanggal 5 maret 2021,” ungkapnya.

Barang bukti yang berhasil diamankan berupa 2 buah kartu ATM Bank BRI, 1 unit sepeda motor Honda Beat tahun 2020 nopol F 6045 FFH, dua buah kartu ATM Bank BCA , 1 buah obeng, 1 buah tang, 1 buah tongsis yang sudah dimodifikasi, 1 buah tas pinggang, 1 buah helm warna merah 2 buah kaos warna.

Sementara itu Kasubbag Humas Polres Cirebon Kota, Iptu Ngatidja menambahkan, “Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka di jerat kasus pencurian dengan pemberatan sesuai dengan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” jelasnya.

Penulis: Yudi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *